Puluhan Pelaku UMKM Dapat Rombong Usaha

Sumbawa, PSnews – Ada puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapatkan rombong (tempat) usaha dari Dinas Koperasi Perindistrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumbawa. Ini merupakan bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov NTB, untuk meningkatkan usaha para wirausaha baru di Sumbawa.

Kepada Pulau Sumbawa News, Kepala Diskoperindag – Zainal Abidin mengungkapkan, ada sebanyak 25 rombong usaha yang dibagikan kepada para pelaku UMKM. Bantuan ini dihajatkan untuk memajukan wirausaha baru khususnya di Sumbawa yang sebelumnya sudah didaftar sesuai pelaku usaha yang mengajukan. “Proposalnya kita masukan tahun kemarin. Baru tahun ini bisa terealisasi. Dan itu disalurkan kepada nama-nama wirausaha yang sudah tertera,’’ terangnya, Rabu (5/10/2016).

Dijelaskan, sebelum pelaku usaha menerima bantuan ini. Penerima terlebih dahulu harus menandatangani pakta integritas, kesanggupan untuk memelihara rombong usaha sesuai perjanjian. Bersedia tidak dipindahtangankan, artinya tidak menjual ke orang lain. “Pakta integritas ini memudahkan kita untuk melakukan pembinaan dan pengawasan,’’ tuturnya.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada para penerima bantuan agar dapat menjaga barang yang telah diberikan tersebut dan dimanfaatkan sesuai fungsinya. Terkait hal tersebut pihaknya akan tetap melakukan pemantauan di lapangan. Seandaianya nanti ada penerima yang tidak melaksanakan usaha, maka rombong akan ditarik kembali. “Kalau ada yang kedapatan tidak melakukan aktifitas usaha, kita bisa tarik rombong itu kembali. Untuk kita berikan kepada UMKM lain yang membutuhkan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *