Bupati Kukuhkan 50 Anggota PASKIBRAKA

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 50 anggota Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sumbawa  tahun 2016, resmi dikukuhkan Bupati Sumbawa HM Husni Djibril. Dengan begitu, mereka sudah siap bertugas untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada HUT RI ke – 71 pada 17 Agustus 2016.

Pengukuhan 50 Anggota PASKIBRAKA Sumbawa
Pengukuhan 50 Anggota PASKIBRAKA Sumbawa

Mereka merupakan putra – putri terbaik yang telah diseleksi dari berbagai sekolah tingkat SMA/SMK/MA di Kabupaten Sumbawa. Para Paskibraka tersebut nantinya bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara HUT RI ke – 71, dan mereka juga menurunkan bendera pada upacara penurunan Bendera Merah Putih sore harinya, di halaman kantor Bupati Sumbawa.

Haji Husni – panggilan akrab Bupati Sumbawa dalam sambutannya pada kegiatan pengukuhan menceritakan sedikit terkait kemerdekaatn Republik Indonesia pada 71 tahun yang lalu. Hingga Presiden pertama RI – Soekarno membacakan teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia. Kemudian dinaikkan Bendera Merah Putih pada tiang bambu oleh Paskibraka yang dipimpin oleh Kapten Latief Hendraningrat. Setelah dinaikkan, lagu “Indonesia Raya” pun dinyanyikan secara bersama-sama.
“Bagian dari sejarah kemerdekaan RI yang saya sampaikan tidak lain untuk menggambarkan bahwa begitu penting dan sakralnya tugas dari anak-anakku sekalian anggota paskibraka. Dan tugas pengibar bendera pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 ini akan lebih bermakna apabila kita pandai mengambil hikmah dari kemerdekaan itu sendiri, sehingga kita dapat melestarikan dan menanamkan nilai-nilai perjuangan yang telah melahirkan proklamasi kemerdekaan, terutama kepada generasi muda sebagai ahli waris dan sekaligus pewaris perjuangan kepada generasi berikutnya,’’ tuturnya.

Untuk itu, pengukuhan putra-putri terbaik Tana Samawa yang mendapat kepercayaan dan kehormatan sebagai barisan generasi muda Pengibar Bendera Merah Putih pada puncak peringatan detik-detik proklamasi dan pada upacara penurunan bendera Rabu 17 Agustus 2016. Peristiwa ini tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka yang terpilih. Sehingga kebanggan diharapkan sejalan dengan tumbuhnya semangat patriotisme, rasa nasionalisme, serta rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa yang utuh dari Sabang sampai Merauke.

“Kepada anak-anakku semua yang mendapat kepercayaan dan kehormatan mengemban tugas mulia ini, saya ucapkan selamat, disertai harapan agar dapat melaksanakan amanah tersebut dengan tanggung jawab yang tinggi dan penuh rasa penghormatan. Semoga momentum HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, yang kemudian secara bersama-sama dan bahu-membahu menata bangsa dan negara ini menuju masa depan yang lebih baik,’’ pungkasnya.

Kegiatan pengukuhan Paskibraka ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah, Pimpinan DPRD Sumbawa, Forkopimda dan Kepala SKPD di Sumbawa, termasuk Purna Paskibraka Kabupaten Sumbawa, serta para keluarga dari anggota Paskibraka yang dikukuhkan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *