48 Anggota Pramuka Sumbawa Ikuti Jamnas di Cibubur

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 48 anggota Pramuka Kwarcab Sumbawa mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) yang akan digelar pada 12 hingga 21 Agustus 2016 di Cibubur – Jakarta. Acara pelepasan dilaksanakan di aula lantai III Kantor Bupati, Rabu (10/8/2016) oleh Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril.

Pelapasan Kontingen JAMNAS X 2016
Pelepasan Kontingen JAMNAS X 2016

Dalam laporannya Ketua Pramuka Kwarcab Sumbawa – Farhan Bulkiah menyampaikan, telah dilaksanakan Jamcab di Kecamatan Lunyuk dan Jamda di Desa Karang Bayan – Lombok Barat. Sebanyak 1.135 anggota Pramuka Sumbawa yang mengikuti seleksi Jamnas, namun yang terpilih hanya 48 peserta. “Peserta Jamnas asal Sumbawa akan berangkat menuju Lombok pada 11 Agustus 2016, dan pada tanggal 12 agustus akan bertolak ke Jakarta,’’ terangnya.

Menurutnya, sistem pendidikan dan pembinaan dalam gerakan pramuka dikenal dengan nama sistem pembinaan terpisah yanitu sistem pembinaan yang secara teknis berdiri sendiri antara pembinaan pramuka putra dan pembinaan pramuka putri. Pembinaan pramuka putra hanya boleh dilakukan oleh pembina putra, dan pembinaan pramuka putri hanya dilakukan oleh pembina putri. Ini tentu sangat sesuai dengan garis – garis yang telah tercantum dalam sistem pendidikan Islam. Dengan sistem ini mengajarkan bagaimana seorang pramuka dapat saling menghargai, saling menghormati, dan saling menjaga martabat dan kehormatan.

Sementara Haji Husni – panggilan akrab Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyatakan, Jamnas merupakan pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir nasional (Kwarnas) sebagai sarana pembinaan pramuka penggalang yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat demi kerukunan dan perdamaian. Disamping itu kegiatan Jamnas juga diharapkan dapat menumbuhkan semangat dan rasa kebangsaan kepada generasi muda untuk memperkokoh keutuhan dan sekaligus membangun negara kesatuan Republik Indonesia. ‘’Oleh karena itu, adik-adik pramuka harus terus menerus memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat membangun untuk kejayaan bangsa dan negara. Jambore nasional yang diselenggarakan lima tahun sekali, tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh adik-adik sebagai anggota pramuka penggalang. Oleh karena itu, jadikan momen tersebut sebagai sarana belajar, berkarya dan memperkokoh persaudaraan dan persatuan diantara kalian sebagai sesama anak bangsa,’’ tutur Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap, sekembalinya dari kegiatan jambore nanti, para peserta dapat menyampaikan pengalaman tersebut kepada teman-teman lainnya yang belum mendapat kesempatan mengikuti Jamnas tahun ini. ‘’Saya berharap, kegiatan jambore nasional ini dapat dihayati dan dijadikan tonggak baru dalam rangka peningkatan mutu pramuka penggalang melalui kegiatan-kegiatan yang lebih menarik, lebih bermanfaat dan lebih menantang,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *