UNSA Magangkan Mahasiswa di 29 Instansi dan Perusahaan

Sumbawa, Psnews – Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Perikanan, Universitas Samawa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) tahun ajaran 2015/2016. PKL ini merupakan bagian dari mata kuliah yang tertera dalam kurikulum semua program studi yang ada di Fakultas Pertanian dan Perikanan (FPP) dengan beban SKS adalah 4 SKS.

Secara umum tujuan dari penerapan mata kuliah PKL tersebut memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang bidangnya masing-masing serta melatih untuk berfikir kritis, kreatif, penguasaan teknologi, bekerja dalam tim,memiliki sifat kepemimpinan dan kemandirian.

Dengan kemampuan yang dimiliki dari materi kuliah dan PKL diharapkan mahasiswa Fakultas Pertanian dan Perikanan dapat bersaing di dunia kerja.

“Hal ini sesuai dengan visi Fakultas Pertanian dan Perikanan menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia pertanian dan perikanan berbasis budaya lokal dan berdaya saing global 2024,” terang Syahdi Mastar, SP.,M.Si., Wakil Dekan FPP UNSA, ketika memberikan pembekalan bagi mahasiswa PKL, Kamis (04/02/2016) di Auditorium UNSA.

Ia mengatakan bahwa PKL ini juga ditujukan untuk menjalin kerjasama antara Fakultas Pertanian dan Perikanan (FPP) dengan institusi pemerintah maupun swasta. Pada tahun ini, jumlah mahasiwa yang mengikuti program PKL adalah 126 orang dan menyebar di 29 instansi. Adapun beberapa institusi pemerintah dan perusahaan swasta yang menjalin kerjasama dengan FPP diantaranya PT Bisi internasional, Tbk, Balai Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Gondol Bali. Laboratorium Terpadu Fakultas Peternakan, UNRAM. BPT-HMT Serading. Balai Benih Induk Padi, Palawija dan hortikultura Prov NTB. Bank Syariah Mandiri. BBI PPH Provinsi NTB dan beberapa institusi lainnya.

Sebelum pelaksanaan PKL di lapangan, mahasiswa diberikan arahan oleh Dekan dan wakil Dekan Fakultas Pertanian dan Perikanan serta oleh Dosen pembimbing. Pelaksanaan PKL ini akan dilaksanakan mulai tanggal 09 Februari hinggga 26 Maret 2016.

Dalam pelaksaan PKL di lapangan, mahasiswa akan dibimbing oleh pembimbing lapangan yang ditunjuk oleh instansi/perusahaan. Di balai penelitian dan pengembangan laut Gondol, mahasiswa dibimbing oleh peneliti-penliti yang bergelar Doktor.

Sudirman, S.Pt.,M.Si selaku Wakil Dekan FPP mengatakan bahwa beberapa hasil atau output yang telah diperoleh oleh FPP dengan adanya PKL ini ialah terlihat dari beberapa hal diantaranya meningkatnya keterampilan mahasiswa dan yang paling membangggakan adalah beberapa alumni langsung direkrut oleh perusahaan tempat PKL.

Selain itu, kerjasama dengan beberapa insansi/perusahaan ini juga menambah poin akreditasi pada fakultas pertanian dan perikanan, ini dibuktikan dari dua program studi di Fakultas Pertanian dan Perikanan yaitu prodi Ilmu Peternakan dan Manajemen Sumberdaya Periran telah terakreditas dengan nilai baik (terakreditasi B).

Di sisi lain Neri Kautsari SP.,M.Si selaku Kaprodi MSP sekaligus ketua panitia PKL Fakultas Pertanian mengatakan dengan poin akreditasi B. Maka kemudahan mahasiswa mendapatkan beasiswa termasuk beasiswa BidikMisi, serta program studi dalam menyalurkan mahasiswa-mahasiswanya ke dunia kerja sangat mudah.

Hal tersebut sudah dibuktikan oleh salah satu prodi yang ada di FPP yaitu prodi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP). Hampir 99% alumni langsung diterima bekerja di perusahaan-perusahaan yang membidangi masalah perikanan, bahkan perusahaan-perusahaan tersebut sedang ngantri menunggu tamat kuliah para mahasiswa yang masih aktif, artinya para mahasiswa yang masih aktif sedang dalam masa tunggu dari perusahaan-perusahaan tersebut. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *