RSUD Sumbawa Buka Polikllinik Sore

Sumbawa, PSnews – RSUD Sumbawa mulai mengambil langkah-langkah inovasi untuk meningkatkan pelayanannya. Khusus hari Jumat, RSUD membuka pelayanan poliklinik sore. Ini akan berlangsung hingga tiga bulan kedepan atau selama masa percobaan. Demikian disampaikan Direktur RSUD Sumbawa dr Selvi kepada media ini, Jumat (29/4/2016). 

Sejauh ini, pelayanan poli di RSUD Sumbawa untuk hari Jumat terbilang singkat. Hanya sampai pukul 11.30 wita. Sehingga pasien yang datang siang hari terpaksa dibawa ke IGD, walaupun bukan termasuk kriteria gawat darurat. Pada akhirnya pasien harus mengantri lama, karena memang pelayanan di IGD juga cukup padat. “Ini rencana salah satu dokter di Rumah Sakit. Di IGD itu kendalanya ruangan sempit, tapi kunjungan banyak. Dengan latarbelakang seperti itu, kita harapkan supaya pelayanan cepat buat pasien yang tidak gawat darurat bisa dilakukan, makanya kita buka poli itu,’’ terangnya.

Diungkapkan, tahap uji coba poli sore ini dilakukan selama tiga bulan. Dibuka seminggu sekali, setiap hari Jumat mulai pukul 14.00 wita hingga 20.00 wita. Poli sore ini melayani seluruh pasien dengan kriteria bukan gawat darurat. Ia mencontohkan, bila ada pasien yang mengeluh sakit perut, maka akan diperiksa terlebih dahulu. Nanti baru diarahkan ke poli dalam untuk penanganan lebih lanjut ketika masih terasa sakit. “Kalau ada pasien bukan gawat darurat datang ke IGD, maka akan diarahkan ke poli sore itu. Khusus hari Jumat. Tinggal nanti kolaborasi antara IGD dengan polinya saja,’’ terangnya.

Menurutnya, selama masa uji coba ini akan dilakukan evaluasi. Seperti untuk internal RSUD, apakah ada kendala apa tidak terhadap SDMnya, baik dokter maupun perawat yang bertugas. Termasuk sambil melihat respon masyarakat terhadap dibukanya poli sore ini. “Jadi masih kita uji coba. Sambil melihat respon masyarakat terhadap itu. Tapi yang jelas untuk tiga bulan ini, kita lihat yang di internal kita dulu. Kalau managemennya baik, SDMnya juga memungkinkan dan tidak ada kendala, mungkin kita akan tambah waktu pelayanan sore harinya,’’ demikian Selvi. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *