Mahasiswa UTS Masuk Final ON MIPA PT 2016

Sumbawa, PSnews – Meski usianya baru seumur jagung, namun Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) semakin gigih mengepakkan sayapnya di bumi pertiwi maupun mancanegara. Tahun ini perguruan tinggi yang berlokasi di Dusun Batu Alang tersebut kembali membuktikan keberhasilannya dalam mendidik mahasiswa-mahasiswa berprestasi. Seperti halnya Muhammad Al-Azhar, mahasiswa FakultasTeknobiologi UTS  menjadi satu-satunya mahasiswa dari perguruan tinggi Sumbawa yang berhasil masuk tahap final Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA PT) 2016.
Pemenang Juara 1 tingkat regional bidang biologi pada ajang OSN Pertamina 2015 ini berhasil menyisihkan ratusan peserta bidang biologi dari berbagai perguruan tinggi region VIII (Bali, NTB dan NTT) dalam tahapan seleksi Tahap II tingkat wilayah yang menjadikannya salah satu dari 64 mahasiswa terbaik yang berhak berlaga ke tahap III tingkat nasional pada tanggal 23 sampai 26 Mei 2016 mendatang.
Menjadi finalis pada kompetisi ilmiah paling bergengsi yang diselenggarakan oleh DIKTI yang bertujuan untuk diperolehnya masukan untuk perbaikan mutu pendidikan tinggi khususnya di bidang MIPA  serta ajang atau sarana promosi dalam rangka meningkatkan daya tarik bidang studi, pelajaran atau mata kuliah Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di masyarakat ini, Azhar telah melewati tahapan seleksi yang tidak mudah.
Diawali dengan seleksi Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Azharlolos ke Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik yang pelaksanaan seleksinya berlangsung serentak pada 15-17 April 2016 di 14 Wilayah Kopertis di seluruh Indonesia, dan untuk wilayah Kopertis VIII seleksi dilaksanakan di Kampus Universitas Hindu, Denpasar, Bali.
Bersama 3 rekan lainnya perwakilan mahasiswa UTS dari masing-masing bidang, yaitu Luthfiyah Nurul Silmi mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Teknobiologi mewakili bidang Matematika, Aprisna Erdanny mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Teknologi Informatika mewakili bidang Fisika, Zulkifli mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Teknologi Pertambangan mewakili bidang Kimia, dan Muhammad Al-Azhar mahasiswa angkatan 2015 FakultasTeknobiologi mewakili bidang Biologi, seleksi berlangsung selama 2 hari dimana diharuskan mengerjakan soal analisa masing-masing bidang sebanyak 2 kali 120 menit perharinya dan pengumuman pemenang diumumkan seminggu setelah seleksi dilakukan.

Muhammad Al Azhar, yang mewakili UTS untuk bidang Biologi berhasil menjadi salah satu perwakilan dari Kopertis VIII. Dengan prestasi ini, Azhar berhak menjadi wakil wilayah Kopertis VIII untuk bersaing dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lainnya di Indonesia pada babak final seleksi nasional (Tahap III) ON MIPA PT 2016. PadaTahap III ini akan ditentukan 20 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan 3 peraih medali emas, 5 medali perak, 7 medali perunggu dan 5 honorable mention. (dina)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *