Sukarelawan Beri Inspirasi pada Pelajar SD

Sumbawa, PSnews – Momentum tanggal 9 Nopember yang diperingati sebagai hari inspirasi sedunia dimanfaatkan oleh sejumlah pemuda dan profesional yang tergabung dalam Kelas Inspirasi (KI). Kegiatan ini dilakukan guna memberikan inspirasi atau penyemangat bagi para siswa Sekolah Dasar di SDN 1 dan SDN 2 Penyaring, SDN Ai Bari dan SDN Ai Limung, Kecamatan Moyo Utara, Kabupaten Sumbawa.

sukarelawan beri inspirasi pada para pelajarPara profesional dari berbagai kalangan dan profesi ikut ambil bagian dalam KI menjadi sukarelawan dan terjun langsung mengajar di semua kelas dari kelas satu hingga kelas enam secara bergantian.

Materi yang diberikan sangat beragam dan disesuaikan dengan profesi para sukarelawan. diantaranya ada yang mengajarkan teknik videografi dan fotografi, tata cara menanam tanaman di dalam wadah tanpa tanah atau hidro ponik, serta mengenai reaksi kimia

Para relawan yang mengajar langsung di dalam kelas mendapat respon sangat positif dari pihak sekolah.  Seperti yang dikemukakan Kepala Sekolah SDN 1 Penyaring, Marwan S.Pd.

“Anak-anak sekolah akan terinspirasi dari para sukarelawan yang berasal dari kalangan professional. Kami berharap, kegiatan seperti ini bisa dikembangkan ke depan,” kata Marwan.

Salah seorang pegiat Kelas Inspirasi Sumbawa, Subhan Azharullah, mengaku kegiatan ini berawal dari adanya kegiatan Indonesia Mengajar. Namun tidak semua relawan bisa diakomodir menjadi pengajar dalam kegiatan Indonesia Mengajar tersebut.

“Sehingga untuk mengakomodir para relawan yang tidak bisa ikut mengajar makanya diadakan Kelas Inspirasi dengan cara mengajar dalam sehari di sekolah-sekolah,” jelas Subhan.

Ia mengatakan, para sukarelawan  yang ambil bagian dalam Kelas Inspirasi berasal dari kalangan professional. Diantaranya, dokter, guru, tentara, pilot dan segala macam latar belakang profesi. Mereka datang ke Sumbawa untuk menjadi pengajar di Kelas Inspirasi angkatan pertama di Sumbawa. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *