Dinsos Sumbawa Salurkan Bantuan pada Korban Kebakaran di Alas

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Musibah kebakaran rumah warga di Desa Kalimango, Kecamatan Alas pada Sabtu (7/1/2023) mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Sosial.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, Abu Bakar, S.Sos, M.Si, melalui Kabid Limjamsos, Syarifah Huldy, S.Sos  menyerahkan bantuan terhadap korban rumah terbakar di Kecamatan Alas, Senin (10/1/2023). Bantuan tersebut diterima langsung oleh Abdul Kadir, warga Desa Kalimango Alas, pemilik rumah yang terbakar beberapa waktu yang lalu.

Kabid Syarifah menjelaskan, bantuan tersebut merupakan wujud dari kehadiran pemerintah bagi warga yang mengalami musibah, sehingga diharapkan agar warga yang mengalami musibah tersebut dapat melanjutkan aktivitasnya sehari-hari.

Syarifah memaparkan, bantuan yang disalurkan berupa sarden 1 dos, air mineral 1 dos, selimut 3 lembar, sarung 1 lembar, pakaian dewasa 2 lembar dan pembalut wanita sebanyak 2 renteng. “Barang yang kami distribusikan hari ini, merupakan stok Lumbung Bencana Kecamatan Moyo Hulu, karena di Lumbung Bencana Kabupaten hampir habis. Pasalnya tahun 2023 belum terisi. Dinsos memiliki  4 lumbung yakni, berada Kantor Camat Sumbawa , Kantor Camat Moyo Hulu, Kantor Camat Alas dan Kantor Camat Plampang,” terang Syarifah. 

Adapun kronologi kejadian, api menyala pertama kali diketahui oleh cucunya A. Kadir sekitar pukul 03.00 wita. Api bersumber dari kamar belakang rumah Kadir. Kemudian Kadir dibangunkan oleh cucunya. Mengetahui rumahnya terbakar, Kadir pun membangunkan tetangga untuk meminta bantuan memadamkan api. Namun api belum juga dapat dipadamkan. Bahkan wajah, tangan dan punggung Kadir ikut terbakar akibat dijilat si jago merah. Hingga 15 menit kemudian mobil Pemadam Kebakaran Unit Kecamatan Alas pun tiba di lokasi dan apipun dapat dipadamkan.

Korban kebakaran tetap menempati rumahnya, karena yang terbakar hanya bagian belakang rumah. Sedangkan ruang tengah dan ruang tamu masih utuh.

Terkait musibah kebakaran tersebut, Sarifah menghimbau penghuni rumah panggung di sekitar korban untuk berhati hati dalam penggunaan jaringan listrik agar tidak terulang kasus yang sama. (PSa)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *