Bulan Suci Ramadhan, PT Pelindo Badas Gelar Kegiatan ‘Pelindo Berbagi’

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Kiprah PT Pelindo Cabang Badas yang berada di wilayah Kabupaten Sumbawa semakin terasa. Tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pulau Sumbawa melalui pelayanan dermaga laut, namun juga merambah pada kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Sejak 2013, PT Pelindo resmi menjadikan Dermaga Badas sebagai pelabuhan peti kemas untuk mendukung hasil pertanian Pulau Sumbawa seperti jagung, pisang, kacang hijau dan komoditas pertanian lainnya. Selain itu Pelabuhan Badas juga digunakan untuk sarana prasarana pertanian serta peternakan mutiara dan madu. Pelabuhan ini memiliki empat dermaga, dilengkapi dengan lapangan pengumpulan dan kontainer-kontainer besar, sehingga mempercepat proses bongkar muat barang.

Disamping mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, PT Pelindo juga memperhatikan keadaan sosial kemasyarakatan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian PT Pelindo kepada masyarakat sekitar. 

Manajemen PT Pelindo Cabang Pelabuhan Badas berusaha memberikan kontribusi sesuai kapasitasnya kepada mereka yang berhak menerima bantuan dan santunan. Sebagaimana program Pelindo Berbagi yang dilaksankan pada Kamis 28 April 2022 lalu, telah menyalurkan tiga Program sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). “Ketiga program yang disalurkan berupa bantuan sembako gratis, santunan anak yatim piatu, dan bantuan takjil gratis,” papar Tri Sugiyatno, General Manajer (GM)  Pelindo Cabang Pelabuhan Badas.

Sembako diberikan kepada masyarakat yang berada di area lini 1 (satu) yaitu Desa Labuhan Badas dan Desa Karang Dima sejumlah 750 paket sembako, takjil sebanyak 500 paket dibagikan selama sebulan penuh di Masjid Al-Hidayah Labuhan Badas. Sedangkan santunan anak yatim piatu disalurkan kepada 50 anak yatim asuhan panti “Nyai Walidah” Kelurahan Brang Biji Sumbawa.

Masih kata Tri Sugiatno, puncak kegiatan “Pelindo berbagi” ini dilakukan secara simbolis di Kantor Pelindo cabang Pelabuhan Badas pada Kamis (28/04/2022). Kegiatan sosial ini juga dihadiri oleh Camat Labuhan Badas, KSOP Kelas IV Pelabuhan Badas, Kepala Desa Labuhan Badas, Kepala Desa Karang Dima, KP3 Pelabuhan dan beberapa kepala Dusun di Desa Labuhan Badas.

Tri Sugiatno menegaskan, bahwa pihaknya berusaha memberikan kontribusi sesuai kapasitasnya kepada seluruh komponen yang berhak menerima bantuan dan santunan.

Ia menambahkan bahwa kegiatan yang bertajuk “Pelindo Berbagi” ini dilaksanakan oleh PT Pelindo (Persero) di seluruh Indonesia secara serentak pada bulan ramadhan1443 H tahun. “Hal ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat akibat pandemi yang berada disekitar Pelabuhan,” ujar Tri Sugiyatno.

Pada saat yang sama Camat Labuhan Badas Awaluddin Safari SH SH mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan menyampaikan apresiasi luar biasa kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) khususnya Pelabuhan Badas mengingat komitmen luar biasanya terhadap pelaksanaan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di wilayah Badas dan Kabupaten Sumbawa pada umumnya. 

Menurutnya, program-program PT Pelindo yang saat ini berjalan, sangat membantu meringankan beban hidup masyarakat di tengah kondisi serba kekurangan dari pengaruh pandemi Covid-19. “Kami berharap sinergitas dalam menerapkan program-program sosial maupun lingkungan tetap di support untuk membangun Kabupaten Sumbawa lebih baik dan lebih maju lagi,” tutup Awaludin. (PSruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *