Bulog Sumbawa Tambah Target Serapan Beras dalam Tahun ini

Sumbawa, PSnews – Target serapan beras Bulog Sumbawa di tahun 2021 ini terjadi perubahan. Dari yang semula ditetapkan 17.667 ton naik menjadi 32.052 ton.  

Kepala Perum Bulog Sub Divre Sumbawa –  Kurnia Rahmawati menjelaskan,  perubahan target serapan setara beras ini berdasarkan surat Kanwil Bulog NTB tanggal 14 Januari 2021. ‘’Jadi kami ada perubahan target serapan setara beras tahun 2021, yang semula 17.667 ton naik menjadi 32.052 ton,’’ terangnya.

Diungkapkan, ditingkatkannya serapan ini untuk penyerapan gabah/beras lebih optimal. Kemudian karena asumsi adanya penyaluran bansos tahun 2021 dari pemerintah. Selain itu juga bisa dilakukan refreshing stok melalui moveoutnas dan serapan gabah/beras secara komersial sesuai kebutuhan penjualan baik ritel, distributor maupun saluran penjualan lainnya. ‘’Target tersebut ditetapkan oleh pusat,’’ tuturnya.

Adapun untuk mencapai target serapan,  Bulog Sumbawa akan melakukan optimalisasi penjualan beras melalui program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) di triwulan pertama (TW I) ini dimana panen belum mulai.

Disamping  untuk  stabilisasi harga, lanjut Nia,  juga sebagai upaya penyiapan space gudang untuk serapan gabah/beras 2021. Kemudian melakukan monitoring ke mitra kerja pengadaan bulog untuk  kesiapan serapan dan berupaya menambah mitra kerja baru. Memperluas market penjualan untuk meningkatkan serapan secara komersial dan telah dilakukan monitoring kondisi tanam ke lapangan untuk proyeksi serapan dan kesiapan untuk serapan 2021. ‘’Kami tetap upayakan seoptimal mungkin untuk  mencapai target tersebut,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment