Permasalahan Penggunaan Obat di Masyarakat Masih Dijumpai

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengatakan, berbagai permasalahan dalam penggunaan obat di tengah masyarakat masih dijumpai. Penyebabnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat yang tepat dan rasional, penggunaan obat bebas secara berlebihan, serta kurangnya pemahaman tentang cara menyimpan dan membuang obat dengan benar.

Selain itu dalam hal penggunaan alat kesehatan PKRT, Bupati menyebut masih banyak ditemukan penggunaan yang salah ataupun tidak tepat guna, hal ini terjadi karena kurangnya informasi mengenai penggunaan alat kesehatan dan PKRT yang benar. ‘’Karena itu perlu ada pembekalan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga kesehatan dan masyarakat mengenai penggunaan alat kesehatan dan PKRT yang benar serta tepat guna.’’ tutur Bupati saat membuka Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan  edukasi Gerakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang benar sekaligus optimalisasi Agent Of Chance (AoC) dalam rangka mendukung Germas di Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (31/7), di Aula H. Madilaoe ADT lantai 3 kantor Bupati Sumbawa.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada Dinkes NTB – I. Dewa Gede Oka Wiguna dalam laporannya mengatakan, program Gema Cermat bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar. Selain itu, juga untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan memusnahkan obat secara tepat dan benar serta meningkatkan penggunaan obat secara rasional baik dari segi manfaat maupun dari segi biaya.

Ditambahkan, sebanyak 165 peserta hadir dalam kegiatan ini, yang berasal dari apoteker agent of chance, lintas sektor, organisasi profesi, organisasi masyarakat, dan media massa. Sementara itu 3 orang narasumber berasal dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI, Direktorat Penilaian Alkes dan PKRT Kemenkes RI, dan Kepala Dinas Kesehatan NTB, yang secara bergantian memaparkan materi tentang penggolongan obat dan Dagusibu, cara penggunaan alkes dan PKRT yang baik, dan peran Gema Cermat dan KIE alkes dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *