BBGRM 2019 Ditutup, Semangat Gotong Royong Diharap Terus Berlanjut

Sumbawa, PSnews – Setelah terlaksana selama satu bulan penuh, akhirnya pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2019 di Kabupaten Sumbawa berakhir. Kegiatan ini ditutup Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril pada Kamis (25/7) di Lapangan KONI Desa Dete Kecamatan Lape.

‘’Dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan BBGRM, kita dapat menilai terhadap hal-hal yang sudah kita lakukan, sekaligus juga untuk mendorong dan menggugah semangat dalam memacu dan mempercepat lajunya pembangungan daerah, termasuk pembangunan masyarakat desa/kelurahan,’’ kata Bupati.

Menurutnya, BBGRM merupakan salah satu upaya untuk terus menggelorakan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Kegiatan ini sebagai upaya menyegarkan kembali pemahaman masyarakat, bahwa perjalanan hidup bangsa secara konsisten ingin menunjukkan arah perkembangan yang harus semakin membaik, yang berkemajuan dalam semua bidang, baik bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan maupun kehidupan keagamaan.

Bupati berharap agar kegiatan kegotong-royongan dan upaya-upaya keswadayaan masyarakat dapat terus digalang secara berkelanjutan, tidak hanya sebatas bulan bhakti gotong royong masyarakat, tetapi juga tetap dilanjutkan di masa-masa yang akan datang. ‘’Galang terus kebersamaan, kuatkan persaudaraan, jaga persatuan dan kesatuan, demi terciptanya situasi yang kondusif di Tana’ Samawa yang kita cintai, dan bangsa Indonesia secara umum,’’ tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PMD Sumbawa – Varian Bintoro mengatakan, beberapa kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka BBGRM tahun 2019. Dalam bidang kemasyarakatan, telah dilaksanakan penyuluhan tentang pembayan pajak, penegakan ketertiban dan gotong royong. Dibidang ekonomi, kegiatan perbaikan Reban dan saluran irigasi serta perbaikan usaha tani telah tuntas dilaksanakan. Untuk kegiatan bidang Sosbud dan keagamaan, dilaksanakan gotong royong perbaikan tempat ibadah dan pemakaman umum. Sementara kegiatan lingkungan, dilakukan perbaikan sarana air bersih dan pemanfaatan lahan pekarangan serta pemerliharaan jalan dan jembatan, dimasing-masing wilayah kecamatan, desa, maupun kelurahan.

Sementara Camat Lape – Abu Bakar mengapresiasi Pemerintah Daerah atas kepercayaannya melaksanakan pemusatan penutupan BBGRM 2019 di kecamatan Lape. Dilaporkan berkat kerjasama semua pihak, situasi kantibmas dikecamatan Lape cenderung kondusif. Pelayanan pemerintahan desa berjalan lancar, begitu juga bidang pertanian dan pengairan seiring sejalan untuk perbaikan ekonomi masyarakat. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment