Safari Ramadhan di Labangka, Bupati Sampaikan Hasil Kunjungan ke Korsel

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril melakukan safari ramadhan ke Kecamatan Labangka pada Rabu (23/5/2018). Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan hasil kunjungannya ke Negeri Ginseng Korea Selatan, melihat langsung tiga perusahaan yang hendak berinvestasi di daerah.

Diungkapkan, kedatangannya ke Kecamatan Labangka disamping untuk silaturahmi juga ingin melihat secara langsung pembangunan di Kecamatan Labangka. ‘’Apakah Aparatur Pemerintah Desa, Kecamatan dan Pemerintah Daerahnya sudah berjalan dengan baik. Dan saya melihat saat ini Kecamatan Labangka sudah jauh berkembang,’’ ucap Bupati.

Terkait penanaman jagung, Bupati minta kepada petani jagung untuk tidak menanam di daerah dan lahan-lahan yang tidak aman atau tidak diperbolehkan, karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya longsor dan banjir. Penebangan pohon-pohon besar untuk dijadikan lahan garapan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mengakibatkan hutan gundul, tidak ada lagi penahan air.

Disampaikan pula pada 1 Mei lalu, Bupati bersama rombongan bertolak ke Korea Selatan untuk melakukan kerja sama dengan pihak investor yang tertarik setelah melihat potensi pariwisata dan potensi jagung di Kecamatan Labangka. Demikian pula dengan Dirjen Kementerian Desa yang juga pernah datang ke Labangka dan menyatakan betapa hebat Labangka. Hasil lawatan bersama dengan Dirjen Pengembangan Kawasan Desa  Kementerian Desa di Korea Selatan, Dirjen berjanji manakala ini berhasil  maka Pelabuhan Teluk Santong harus segera dibangun.

Dijelaskan, Kecamatan Labangka sebagai daerah transmigrasi, mempunyai potensi jagung yang sangat besar dan menjadi daya tarik dari tiga perusahaan besar di Korea Selatan. Tiga perusahaan tersebut berencana akan mengelola limbah jagung menjadi bio massa, pakan ternak dan pellet. Dan jika hajat besar ini terwujud, maka Program Gemajipi (Gerakan Masyarakat Agribisnis Jagung Integrasi Sapi) akan tercapai. Dan program Pemerintah Sumbawa untuk limbah jagung 2 juta ton akan tercapai.

Bupati juga menyoroti masalah batas wilayah antar desa di Kecamatan Labangka, yang selalu menjadi masalah dari tahun ke tahun. Bupati minta kepada Camat, unsur Muspika untuk terus berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan Setda dan Dinas PMD, agar masalah batas desa dapat diselesaikan.

Terkait masih banyaknya warga Kecamatan Labangka yang belum memiliki KTP elektronik, Bupati perintahkan agar seluruh perangkat daerah yang menangani masalah tersebut, mulai dari Kepala Dusun, Kepala Desa, dan Kecamatan segera turun ke masyarakat, jemput bola menuntaskan perekaman KTP Elektronik.

Pada bagian lain Bupati Menyatakan Mengingat besarnya jumlah Dana Desa, Bupati berharap kepada kepala Desa, Badan Pertimbangan Desa, dan masyarakat desa ikut aktif mengawasi penggunaan dana desa, agar semua desa yang ada di Kecamatan Labangka tidak ada yang bermasalah, kalaupun ada masalah agar segera diselesaikan.

Pada Safari Ramadhan yang dihadiri oleh Bupati Sumbawa, Anggota Forkopimda dan para pimpinan OPD itu juga diserahkan bantuan berbagai proyek di Kecamatan Labangka dengan total nilai Rp. 419.373.478. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *