Wabup Berharap Sumbawa Diberi Peluang Jadi Tuan Rumah Sail Indonesia 2018

Sumbawa, PSnews – Guna membantu arah pengembangan sektor kepariwisataan daerah kedepan, Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah meminta kepada OPD terkait dalam hal ini Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) segera menyeleaikan penyusunan RIPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah). “Saya minta untuk segera menyelesaikan penyusunan RIPDA, karena hal tersebut merupakan amanat undang-undang nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan. Dengan adanya RIPDA tersebut nantinya akan membantu arah pengembangan sektor kepariwisataan daerah kita ke depan,’’ kata Haji Mo saat pembukaan Sail Indonesia Tahun 2017 di Pantai Goa Sumbawa Besar Rabu (30/8/2017).

Wabup menyampaikan terima kasih kepada Aswindo yang secara khusus memasukkan Kabupaten Sumbawa sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi dalam event Sail Indonesia. Dalam kesempatan itu, Haji Mo juga memaparkan gambaran umum Kabupaten Sumbawa. Terdapat 63 pulau kecil di daerah kami, 6 diantaranya berpenghuni selain Pulau Moyo yang sudah sangat terkenal sebagai ikon wisata dunia dan Pulau Bungin sebagai pulau terpadat di dunia. ‘’Selain itu, tercatat ada 231 potensi obyek wisata di Kabupaten Sumbawa yang membutuhkan interaksi cita rasa dalam konteks kepariwisataan dari segenap komponen baik pemerintah, masyarakat, pelaku wisata, maupun wisatawan itu sendiri,’’ tuturnya.

Sebagai daerah yang sedang menggeliatkan sektor pariwisata, tentu masih banyak hal yang harus disempurnakan. Seiring berjalannya waktu, pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Sumbawa berkomitmen untuk terus mengupayakan dan mengaktualisasikan program-program pembangunan kepariwisataan. ‘’Event ini dimaknai sebagai magnet promosi wisata daerah, sebuah pintu gerbang besar dan utama untuk menyampaikan informasi pariwisata yang kita miliki ke seluruh penjuru dunia, yang diharapkan berdampak signifikan terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di masa yang akan datang. Melalui kesempatan ini pula kami sematkan harapan kepada tim Aswindo agar penyelenggaraan Sail Indonesia atau Sail Sunda Kecil 2018 dapat memberikan ruang dan kesempatan bagi Kabupaten Sumbawa untuk menjadi tuan rumah,’’ harap Wabup.

Sementara dalam pesan dan kesan yang disampaikan Mrs. Jaqualine salah satu peserta Sail Indonesia 2017 dari Canada menyampaikan rasa senang dan puas dengan sambutan penerimaan di Kabupaten Sumbawa. Peserta Sail sangat menikmati panorama dan keindahan alam Sumbawa serta keramahan penduduknya. Para peserta Sail membutuhkan tempat berlabuh yang aman dan nyaman di Kabupaten Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *