40 Pemdes Ajukan Permohonan Jadi Desa Wisata

Sumbawa, PSnews – Program pengembangan desa wisata yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat respon positif dari sejumlah Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, Sedikitnya 40 Pemdes telah mengajukan permohonan untuk menjadikan wilayahnya sebagai kawasan Desa Wisata.

Kepala Dinas Pemuda olahraga Budaya dan pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa, Ir. Junaidi Msi yang dikonfirmasi Senin (08/05) mengaku, pihaknya bersama Tim akan meninjau 40 lebih desa tersbeut untuk melakukan verifikasi ulang, “Kami bersama tim akan turun ke lokasi sekaligus melakukan diskusi dengan Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk mensosilisasikan mengenai segala persayaratan untuk ditetapkan menjadi desa pariwisata,” papar Junaidi.

Menurutnya, penetapan desa sebagai Desa Wisata oleh Pemerintah Daerah tidaklah serta merta. Pemda juga melihat beberapa faktor pendukung di desa tersebut seperti adanya potensi wisata, daya tarik sumberdaya alam, perikanan dan kelautan, serta potensi kebudayaan yang telah lama ada. Sehingga nantinya akan disinkronkan dengan program  pemerintah daerah.

“Jika beberapa potensi tersebut tidak dibarengi dengan adanya upaya pendukung dan gerakan dari masyarakat setempat, maka tidak akan berarti sebuah desa ditetapkan menjadi desa wisata,” tandas Junaidi.

ia kembali menegaskan, semua desa berpeluang untuk menjadi desa wisata jika di wilayah tersebut memiliki potensi seperti potensi kerajinan dan industri, maka akan ditetapkan menjadi desa wisata berbasis kerajinan dan industri sesuai dengan potensi yang ada. “Yang jelas, pada tahun ini ada beberapa desa sudah bisa ditetapkan menjadi sebuah desa wisata,” pungkas Junaidi. (PSj)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.