Uma Beringin dan Baru Tahan Ditunjuk jadi Desa Model DBIP

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah menunjuk dua desa yakni Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes dan Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara sebagai Desa Model dalam program Desa Benderang informasi Publik (DBIP). Menyusul adanya pencanangan program dimaksud yang merupakan ide dari Komisi Informasi NTB beberapa waktu lalu.

Terhadap hal ini, Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Sumbawa pun menggelar sosialisasi terhadap program dimaksud di aula Kantor Desa Uma Beringin Rabu (26/4/2017). Dalam paparannya, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) – Suparman mengatakan, penetapan desa model ini bertujuan agar disamping pemerintah desa memahami klasifikasi informasi public dan dokumentasi public, juga dapat terpublikasi secara berkelanjutan serta meningkatkan layanan informasi public. Bahkan yang sangat penting yaitu bagaimana masyarakat desa dapat mengakses dokumen informasi public tentang desanya secara mudah. Sehingga tidak ada lagi saling curiga ditengah masyarakat yang pada akhirnya kondusifitas desa sebagai syarat keberhasilan pembangunan dapat tercapai.

Menurutnya, program DBIP merupakan ikhtiar penyadaran untuk kepatuhan Pemerintah Desa agar membuka, mempublikasikan dan menyebarluaskan informasi public sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sehingga masyarakat desa memperoleh gambaran perkembangan pembangunan desa yang meliputi aspek social, ekonomi, budaya, pemerintahan dan demokratisasi. ‘’Melalui program ini, kami harapkan setiap desa dapat melaksanakan keterbukaan informasi public, tidak boleh lagi ada yang ditutupi, selama suatu informasi dinyatakan boleh dibuka oleh Undang-undang,’’ tukasnya.

Dijelaskan, pencanangan Program DBIP ini dimaksudkan sebagai strategi untuk menciptakan pemerintahan desa yang efektif, efisien, transparan, professional dan akuntabel. Yang melahirkan sikap dan budaya saling percaya, kerjasama dan tanggungjawab antara pemerintah desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa.

Sementara Kades Uma Beringin yang diwakili Kasi Pemerintahan dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Uma Beringin sangat berterima kasih karena telah dipercaya menjadi salah satu Desa Model DBIP. Dalam program ini Pemerintah Desa setempat bersama masyarakat menjamin akan membantu demi terlaksananya program ini. ‘’Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *