Disnakertrans Berikan Pelatihan bagi Calon Naker

Sumbawa, PSnews – Puluhan calon tenaga kerja di Kabupaten Sumbawa mendapatkan pelatihan kerja dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa. Kegiatan ini terlaksana di Loka Latihan Kerja (LLK), tujuannya untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan produktif.

Kepala Disnakertrans Sumbawa, – Syafruddin Nur mengatakan, sebanyak 64 calon tenaga kerja mengikuti pelatihan ini. Dimana ada empat bidang yang dilatih dalam pelatihan tahap tersebut yakni, instalasi listrik, las listrik, menjahit dan furniture. Sementara untuk tahap selanjutnya, diadakan menggunakan dana APBN. ‘’Rencananya lebih kurang satu bulan calon naker ini akan diberikan pelatihan,’’ terangnya.

Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan para peserta. Sehingga nantinya dapat menjadi tenaga kerja yang terampil dan produktif. Selain itu tenaga kerja yang terkoneksi dengan kebutuhan pasar. Sehingga kedepannya dapat megurangi pengangguran.

Pihaknya mengaku dalam setahun biasanya pihaknya mendapatkan belasan paket. Tentunya tahun ini diharapkan dapat diperoleh minimal 9 paket. Namun persoalan tenaga kerja ini biasanya terkendala kemampuan. Sehingga tenaga kerja yang ada tidak mampu bersaing. ‘’Kita terkendala masalah skill. Makanya masyarakat sering tidak mampu bersaing,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *