PTAMNT Lakukan Tanam Pohon di Pantai Jempol

Sumbawa, PSnews – Guna menciptakan suasana asri di lingkungan Pantai Jempol Desa Labuhan Kecamatan Labuhan Badas, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) melakukan penanaman ratusan pohon di wilayah setempat. Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, masyarakat setempat, para siswa SMP Negeri 1 Labuhan Badas, serta lainnya.

Kepada wartawan, Koordinator PTAMNT Perwakilan Sumbawa – Zulkarnain Qween mengungkapkan, penghijauan ini merupakan salah satu program lanjutan dari tahun 2016, dari beberapa program yang dicanangkan di Kabupaten Sumbawa. Selain di Kecamatan Lantung dan Ropang, kegiatan penghijauan ini juga dilakukan di Kecamatan Labuhan Badas, khsusunya di Pantai Jempol.

Dipilihnya Pantai Jempol dalam penghijauan ini karena lokasi tersebut merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa. Sejauh ini lokasi tersebut terlihat cukup terik, terutama saat siang hari. Sehingga roda perekonomian masyarakat saat tengah hari tidak berjalan maksimal. “Atas dasar itulah kami berinisiatif melakukan penghijauan ini. Harapannya kalau pohonnya sudah besar, maka lokasi ini bisa lebih sejuk, maka aktifitas ekonomi dan pariwisata di Pantai Jempol makin menggeliat,’’ terangnya.

Ada ratusan pohon yang ditanam di lokasi Pantai Jempol dengan jenis Waru dan Ketapang. Kegiatan penanaman ini bekerjasama dengan Lembaga Maju Bersama dan melibatkan Pemerintah Kecamatan Labuhan Badas, Pemerintah Desa Labuhan Sumbawa, siswa SMP Negeri 1 Labuhan Badas, Komunitas Pesisir, serta masyarakat setempat. “Persoalan yang sering terjadi pada penghijauan ini bukan pembiayaan untuk menanam, tapi yang paling sulit adalah saat pemeliharaan. Untuk itu kami mohon peran serta dari semua kita, terutama masyarakat di sepanjang Pantai Jempol untuk bagaimana ikut menjaga, paling tidak membantu mengairi tanaman ini dan yang paling penting menjaga jangan sampai pohon yang sudah kita tanam ini ada gangguan seperti parkir,’’ harap Qween yang didampingi dari Lembaga Maju Bersama – Zakariah Jecko.

Gensup Komunikasi PTAMNT – Ruslan Ahmad menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu wujud kepedulian PTAMNT dalam melakukan perlindungan terhadap lingkungan, sekaligus memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Sementara Sekretaris Kecamatan Labuhan Badas – Muhammad Jufri menyampaikan terima kasih terhadap PTAMNT terhadap kegiatan penghijauan yang dilakukan. Hal ini penting, terutama dalam hal menjaga lingkungan dan memperindah destinasi wisata khususnya di Pantai Jempol.

Diharapkan program penghijauan ini tidak hanya dilakukan di Pantai Jempol, tapi juga di wilayah lainnya. Terutama saat program Pemda dalam hal kelanjutan pembangunan tebing pengaman pantai mulai dari Pantai Saliper Ate sampai Pantai Goa nantinya dilakukan. Kegiatan ini kiranya dapat dilakukan kembali. “Kita yang berada di sini berkewajiban untuk memastikan agar pohon ini tumbuh. Untuk itu pihak Kecamatan dengan Desa dan Dusun nantinya akan berkoordinasi, mengharapkan masyarakat yang ada di sekitar Pantai Jempol ini supaya bisa bersama-sama untuk menjaga pohon yang sudah ditanam hingga tumbuh besar,’’ pungkasnya yang juga didampingi Kepala SMP Negeri 1 Labuhan Badas A Rahman Semba. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *