Dikes Distribusikan Obat ke Puskesmas

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa melakukan pendistribusian obat ke semua Puskesmas yang ada di wilayah setempat. Pengiriman ini berbeda dari sebelumnya. Sebelumnya pihak Puskesmas datang langsung ke Dikes untuk mengambil obat. Tapi kali ini diantar dengan menggunakan mobil yang telah disediakan.

Kepada Pulau Sumbawa News Kepala Dikes Sumbawa – Naziruddin menjelaskan, akhir Desember 2016 ini, UPT Instalasi Farmasi menggunakan mobil khusus untuk pendistribusian obat ke Puskesmas. Mobil itu kemampuan double gardan, sehingga Puskesmas di daerah yang sulit pun bisa dijangkau. “Begitu datang langsung di drop. Selain obat, ada juga datang bantuan makanan tambahan untuk ibu hamil. Itu yang banyak,’’ terangnya.

Menurutnya, pendistribusian langsung ini untuk menjamin ketersediaan obat di pelayanan kesehatan tingkat pertama agar tidak ada lagi keluhan pasien terkait belum tersedianya obat-obatan di Puskesmas.
“Kita sudah bertekad obat itu ketika sampai tidak boleh lama mengendap di Kabupaten, harus cepat-cepat di drop. Karena kita di Kabupaten terutama Dinas Kesehatan ini fungsinya bukan untuk pelayanan kesehatan primer. Di Dinas Kesehatan tidak ada orang datang berobat ke sini. Karena itu, obat-obat tersebut jangan disimpan lama-lama di sini. Harus cepat dikirim ke Puskesmas-puskesmas kecamatan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *