FORUM ANAK SAMAWA Gaungkan Gerakan Anti Rokok

Sumbawa, PSnews – Masa depan bangsa dan negara ada di tangan generasi muda. Setidaknya semangat itulah yang tampak pada sejumlah anak-anak yang tergabung dalam komunitas FORUM ANAK SAMAWA  (FAS) ini. Mereka tampak aktif menggaungkan gerakan ‘Anti Rokok’ terutama bagi anak-anak. Komunitas yang terdiri dari anak-anak belasan tahun ini mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa agar berperan aktif dalam mendukung gerakan mereka. Bahkan mereka telah menemui Bupati Sumbawa HM Husni Djibril untuk menyerahkan pernyataan sikap terkait gerakan anti rokok tersebut.

Forum Anak Samawa serahkan pernyataan sikat anti rokok pada-Bupati Sumbawa
Forum Anak Samawa serahkan pernyataan sikap anti rokok pada Bupati Sumbawa

Ada tujuh point yang disampaikan FAS dalam pernyataan sikap yang ditandatangani Ketua Dewan Pengurus Organisasi Forum Anak Samawa – Kartika Sari, Ketua Forum Anak Samawa Salsabila Mustaan, dan Ketua OSIS SMAN 2 Sumbawa Budiman. Seperti meminta Pemerintah untuk membuat peraturan daerah (Perda) untuk melarang peredaran rokok dan shisha pada anak-anak. Meminta pada Pemerintah agar mencari cara rokok tidak dibeli oleh anak-anak. Mereka menganjurkan agar penjual rokok meminta kepada pembeli untuk menyerahkan kartu identitas yang membuktikan bahwa pembeli sudah 18 tahun ke atas.

Selanjutnya, meminta Pemerintah untuk mengembalikan fungsi ruang terbuka hijau sebagai kawasan bebas rokok yang ramah anak. Meminta Pemerintah membuat area khusus merokok di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak. Meminta Pemerintah melibatkan Forum Anak Samawa dalam mengawasi peredaran dan penggunaan rokok dan shisha. Meminta Pemerintah untuk membuat Perda tentang izin penjualan rkok dan shisha. Serta meminta Pemerintah melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk turut andil dalam program kawasan bebas rokok (KTR).

Dapat Dukungan Bupati

Terhadap hal ini, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril yang ditemui Pulau Sumbawa News mengaku sangat mendukung apa yang disuarakan Forum Anak Samawa tersebut. Terhadap Perda rokok yang disuarakan oleh FAS, Bupati mengatakan kalau hal itu sudah diketok oleh DPRD. Namun Ia belum tahu pasti isi Perda tersebut secara keseluruhan. “Ini sangat luar biasa. Saya bangga dengan aksi yang dilakukan (Forum Anak Samaawa), terutama tentang Perda Rokok itu. Cuma saya belum lihat. Tapi akan saya cermati,’’ tandas Bupati.

Demikian pula terkait keinginan untuk membuat kawasan-kawasan bebas rokok, menurut Bupati, itu hal yang menarik. Karena bagaimanapun juga ketika kawasan-kawasan ini bisa disediakan, maka anak-anak atau orang yang tidak merokok tidak akan terganggu dengan para perokok yang sedang merokok. “Kita tentukan dan kita tetapkan tempat-tempat tertentu (Bagi para perokok),’’ pungkas Bupati. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *