Newmont Bertekad Kembangkan Potensi Wisata Surfing di KSB

Sumbawa Barat, PSnews – Karakterristik ombak di sejumlah pantai Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mengundang daya tarik para di kelas dunia. Terutama gulungan ombak di Pantai Yoyo Kecamatan Sekongkang dan Pantai Balas Kecamatan Maluk, sehingga dijadikan sebagai pusat penyelenggaraan Seri Ketiga event internasional Asian Surfing Championship (ASC) 2016.

Surfing di Pantai Yoyo Sekongkang
Surfing di Pantai Yoyo Sekongkang

Untuk menunjang terselenggaranya kegiatan yang diikuti 60 peserta dari berbagai negara tersebut, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) mengambil peran sebagai pihak sponsor.
“Dukungan terhadap ASC ini adalah untuk pertama kali kami bertindak sebagai pihak sponsor pada level kejuaraan berskala internasional. Dan saat ini ASC sudah masuk dalam seri ketiga dari dua belas seri. Skor atau nilai para peserta lomba selancar saat ini akan tercatat sebagai bagian dari skor mereka untuk menjadi juara dunia kedepan,” papar Manajer Social Reponsibilty PTNNT Syarafuddin Jarot yang ditemui Pulau Sumbawa News di sela-sela Pembukaan ASC 2016 di Pantai Yoyo Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Minggu (17/7/2016).

Penyelenggaraan seri ketiga ASC 2016 ini, lanjut Jarot,  dilakukan atas kerjasama PTNNT dengan Pemerintah KSB khususnya Dinas Pariwisata. PTNNT bertindak sebagai sponsor baik secara lokal maupun Event Organizer (EO) berskala internasional setingkat Asia. “Insya Allah tahun depan kami akan kembangkan kembali untuk kita gemakan lebih luas supaya pesertanya akan datang leih banyak lagi dari berbagai negara,” ujar Jarot.

Lebih lanjut dijelaskan Jarot, bentuk dukungan yang dilakukan ini sejalan dengan kebijakan Social Responsibity PTNNT. Salah satu dari tiga rencana strategis Social Responcibilty PTNNT adalah mempromosikan obyek wisata KSB. “Dan dari tiga potensi wisata di KSB, salah satunya yang sudah kami lakukan yang berskala internasional tahun lalu adalah mensukseskan event kejuaraan Paralayang di Mantar Kecamatan Seteluk. Dan insya Allah tahun ini kejuaraan Paralayang di Mantar Seteluk sudah masuk dalam seri nasional. Dan akan dilanjutkan bulan depan,” paparnya.
Bentuk promo wisata yang dilakukan PTNNT , antara lain promo melalui media sosial, pemasangan spanduk dan lain-lain. Bahkan rencana kedepan, pihaknya akan memasang slide atau tayangan tentang potensi wisata KSB di Bandara Internasional Lombok (BIL).

Sementara terkait adanya perubahan pemegang saham PTNNT, menurut informasi sementara, jelas Jarot, operatornya tetap dan semua kebijakan manajemen yang ada saat ini akan diteruskan kembali. (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *