Operasi Ramadniya 2016 Mulai Dilaksanakan

Sumbawa, PSnews – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1437 hijriah, Polres Sumbawa melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ramadniya Gatarin 2016 di halaman Kantor Bupati Sumbawa Kamis (30/6/2016). Dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, artinya jajaran Polres Sumbawa dan pihak terkait lainnya mulai melaksanakan Operasi Ramadniya di lapangan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril membacakan sambutan Kapolri Badrodin Haitti. Apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda dan Polres se Indonesia ini bertujuan untuk mengecek kesiapan akhir personel beserta kelengkapannya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Sandi operasi dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri yang selama ini dikenal dengan ‘Ketupat’, pada tahun ini berubah menjadi ‘Ramadniya’ yang merupakan singkatan Ramadhan dan Hari Raya, yang mengandung arti harafiah suci, adil dan sempurna. “Operasi ini dilaksanakan selama 16 hari, mulai tanggal 30 Juni hingga 15 Juli 2016,’’ terangnya.

gelar pasukan Ramadniya 2016 di Kantor Bupati SumbawaMelalui kegiatan ini diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dapat dilaksanakan dengan baik dan sinergis bersama seluruh stakeholders terkait, agar situasi Kamtibmas maupun Kamseltibcar lantas yang kondusif dapat terwujud. Sehingga masyarakat di seluruh wilayah tanah air dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, tertib dan penuh khidmad.
Mudik merupakan salah satu aktivitas dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri yang telah menjadi tradisi atau budaya masyarakat Indonesia. Mudik dilaksanakan untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman. Beberapa aktivitas masyarakat bersama keluarga juga meningkat, seperti kegiatan rekreasi dan mengunjungi mall serta pusat perbelanjaan lainnya. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentunya mempunyai implikasi terhadap lonjakan arus pergerakan orang dan barang, serta mobilitas transportasi maupun transaksi perekonomian di seluruh tanah air. “Peningkatan aktifitas masyarakat harus dikelola dengan baik agar tidak menjadi permasalahan Kamtibmas dan Kamtibselcar Lantas, baik waktu menjelang, pada saat maupun setelah Hari Raya,’’ papar Kapolri.

Dalam rangka menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat saat perayaan lebaran 2016, Polri beserta seluruh jajaran kewilayahan didukung instansi terkait dan mitra Kamtibmas telah berupaya mempersiapkan Operasi Kepolisisan “Ramadniya 2016” dengan optimal. Dalam operasi kemanusiaan ini, kekuatan yang akan digelar sebanyak 158.402 orang terdiri dari Mabes Polri sebanyak 2.043 orang, Polda sebanyak 89.613 orang, sertainstansi terkait sebanyak 66.746 orang, yang tersebar pada 3.097 pos pengamanan dan 1.112 pos pelayanan. Seluruh kekuatan ini akan melaksanakan pengamanan pada tempat peribadatan umat muslim, lokasi sholat Ied, pemukiman masyarakat, jalur – jalur pergerakan orang dan barang, tempat wisata, terminal, stasiun KA, pelabuhan laut, bandara, sentra perekonomian dan tempat transaksi keuangan, rest area, SPBU, tempat – tempat pembagian zakat fitrah, serta kegiatan lainnya yang perlu diamankan.

Selain diikuti jajaran Polres Sumbawa dan Satuan Brimob, apel gelar pasukan ini juga diikuti anggota TNI Sumbawa, Pol PP, Dinas Perhubungan, serta lainnya. Hadir pula Wakil Bupati Sumbawa, Kepala Kejaksaan Negeri, Sekda Sumbawa, dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *