Disporabudpar Gelar Festival Qasidah Rabana

Sumbawa, PSnews – Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa menggelar Festival Qasidah Rabana tingkat Kabupaten. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Taman Lapangan Pahlawan, Senin (25/4/2016) malam kemarin. Festival ini dihadiri Wakil Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah, Camat se Kabupaten Sumbawa dan sejumlah pimpinan SKPD di Sumbawa.

Kepala Disporabudpar Kabupaten Sumbawa – Amri yang ditemui wartawan usai acara menyatakan, tujuan digelar Festival Qasidah Rabana untuk mengenalkan budaya Islam ke masyarakat luas, yaitu Qasidah Rebana yang sudah hampir tergerus oleh zaman. Festival ini bukan yang pertama kali, namun sudah sering dilaksanakan hanya saja sebelumnya digabungkan dalam agenda Festival Moyo. Dan baru sekarang dicoba untuk menggelar kegiatan tersendiri. “Kami laksanakan kegiatan ini untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang budaya (Qasidah Rebana) yang sudah hampir punah,’’ tuturnya.

Menurutnya, Festival ini harus terus berlanjut. Artinya, bukan hanya di tingkat Kabupaten, tapi juga akan dilakukan di tingkat Provinsi yang dijadwalkan terlaksana pada Mei mendatang. Pemenang dari Festival Qasidah Rebana tingkat Kabupaten Sumbawa ini akan dikirim ke Provinsi. “Hasil Festival ini nantinya akan dilakukan seleksi untuk mengikuti festival serupa ditingkat Provinsi,’’ tandasnya.

Dalam kegiatan ini, tidak semua kecamatan ikut berpartisipasi, seperti Kecamatan Orong Telu yang diketahui tidak mengirimkan utusannya mengikuti Festival tersebut. “Kami harap semua instansi bisa mendukung kegiatan ini,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *