Sumbawa Gandeng Provinsi dan Pusat Kembangkan UMKM

Sumbawa, PSnews – Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumbawa mulai memperlihatkan kemajuan. Pasalnya sudah ada beberapa produk lokal yang sudah dipasarkan hingga ke luar daerah.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa – Zainal Abidin kepada media ini.
Meski diakui masih terjadi keterbatasan dana dari APBD Kabupaten Sumbawa untuk pengembangan UMKM.  Namun pihaknya tetap melakukan berbagai upaya, seperti membangun komunikasi dan koordinasi dengan Pemprov NTB dan Pemerintah Pusat, untuk mendapatkan dana tambahan. “Untuk kucuran dana yang bersumber dari APBD Kabupaten masih sangat terbatas, sehingga kami menggandeng Provinsi supaya anggaran yang terbatas tersebut bisa ditutupi. Begitu pula dengan Pemerintah Pusat,’’ terangnya.

Dana APBD I dari Pemprov NTB dan dana Dekon dari Pusat, sejauh ini digunakan untuk mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis terhadap para pelaku UMKM. Tujuannya agar mereka bisa mengambangkan usaha yang dijalankan.

Dilanjutkan, selain pembinaan terhadap UMKM maupun wirausaha baru yang ada di Sumbawa, Diskoperindag Kabupaten dan Provinsi juga memberikan bantuan alat-alat produksi. Sehingga diharapkan nantinya para pelaku usaha kecil menengah ini bisa mengembangkan diri dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *