Tim Kamladu Kantongi Nama Oknum Pengebom Laut Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Pemkab Sumbawa terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemprov NTB, terkait pengawasan wilayah laut di Sumbawa. Bahkan Tim Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) pun sudah mengantongi beberapa nama dari oknum pelaku pengeboman yang selama ini masih beraksi.

Ir H Junaidi
Junaidi

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sumbawa – Junaidi kepada wartawan. Sejauh ini, Tim Kamladu terus bekerja mencari siapa pelaku ilegal fishing di perairan laut Kabupaten Sumbawa. Hasilnya, beberapa nama oknum pelaku telah dikantongi. Termasuk mengetahui asal bahan terlarang seperti bom ikan, potasium dan barang terlarang lainnya yang sering digunakan pelaku.
“Tim kamladu kita juga saat ini sudah mengantongi beberapa nama. Termasuk juga distribusi bahan terlarangnya juga dari mana. Ini yang terus kami telusuri sejak beberapa bulan lalu,’’ terangnya.

Selain menggunakan bom dan potasium, para oknum pelaku juga diketahui menggunakan obat-obatan yang legal dijual di pasaran, seperti pestisida dan bahan sejenis lainnya. Sehingga cukup menyulitkan petugas untuk mendeteksi titik mana saja tempat pelaku sering beraksi. “Sekarang oknum pelaku menggunakan barang legal yang disalahgunakan,’’ tukasnya.
Untuk pengamanan laut, pihaknya sudah bersurat ke Pemprov NTB guna meminta agar bisa bersama-sama turun ke lokasi melakukan operasi di semua wilayah perairan laut Sumbawa. “Kalau Pemerintah Provinsi siap, kita langsung melakukan operasi bersama-sama,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *