KPPT Ingatkan PT SJR Segera Urus IMB

Sumbawa, PSnews – Managemen PT Sumbawa Jutaraya (SJR) diingatkan untuk segera mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Permintaan tersebut disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Sumbawa – Wirawan Ahmad, menyusul rencana beroperasi produksi perusahaan dimaksud di wilayah Kecamatan Ropang.

“Sebelum membangun infrastrukturnya di Kabupaten Sumbawa, maka PT SJR harus segera mengurus izin mendirikan bangunannya di KPPT Sumbawa,’’ tegas Wirawan kepada awak media Kamis (21/4/2016).

PT SJR diketahui telah melakukan sosialisasi di kantor Bupati Sumbawa, terkait rencana operasi produksi di Kecamatan Ropang. Pada kegiatan tersebut, Wirawan mengaku kalau KPPT tidak diundang. Padahal menurutnya, ada beberapa hal penting yang ingin disampaikan kepada Managemen PT SJR, salah satunya terkait IMB tersebut. “Sangat disayangkan KPPT tidak diundang dalam pertemuan itu. Padahal ada beberapa hal penting yang ingin saya sampaikan terkait akan dimulainya usaha produksi di Ropang,’’ tandasnya.

Dengan begitu, pihaknya akan melayangkan surat ke PT SJR yang menegaskan tentang beberapa kewajiban yang harus dilakukan perusahaan sebelum membangun infrastrukturnya di Kabupaten Sumbawa. Diantaranya ijin membangun mess karyawan, klinik, jalan, waduk dan beberapa infrastruktur lainnya.

Dijelaskan, IMB merupakan salah satu faktor dalam menciptakan iklim kondusif bagi operasional investasi di Kabupaten Sumbawa. Pihaknya berkomitmen mendukung peningkatan realisasi investasi dengan cara memberikan pelayanan yang cepat terhadap investor yang ingin berinvestasi di Sumbawa.

Diungkapkan, hingga saat ini PT SJR belum mengajukan permohonan IMB ke KPPT Sumbawa sehingga berkewajiban untuk mengingatkan hal tersebut. Selain IMB, PT SJR juga akan membangun klinik, dalam pembangunan sebuah klinik terdapat tiga izin yang harus diurus yakni izin klinik, IMB dan izin gangguan (HO). Menurut SOP, pembuatan IMB selama 12 hari, namun jika persyaratannya lengkap kemungkinan bisa lebih cepat. Dari verifikasi lapangan hingga terbitnya IMB hanya memakan waktu sekitar 5 hari. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *