Usulan Pembangunan Pasar Kecamatan Masih Dikaji

Sumbawa, Psnews – Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumbawa masih mengkaji usulan pembangunan pasar dari sejumlah kecamatan. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak ada kendala dalam proses pengerjaan dan pasca pembangunan.

Kepala Diskoperindag- Zainal Abidin yang ditemui media ini Jumat (18/3/2016) mengungkapkan, kecamatan yang mengusulkan pembangunan pasar yakni Lunyuk yang lokasinya di Desa Lunyuk Ode. Dalam usulan itu disebutkan kalau sudah ada lahan milik desa yang disediakan untuk pembangunan pasar. “Ada usulan dari Desa Lunyuk Ode. Katanya ada tanah desa, tapi kita belum melihat lokasi jelasnya di mana. Kalau memungkinkan, maka akan kita usulkan. Yang pasti kalau memang itu tanah desa, harus ada bukti hibahnya untuk pembangunan pasar di situ,’’ paparnya.

Selain itu, Tolo’Oi – Tarano juga mengusulkan pembangunan pasar. Terhadap usulan tersebut pihaknya juga akan melakukan tinjauan lokasi, untuk melihat layak atau tidaknya di wilayah tersebut dibangun pasar. Ketika layak, maka diusulkan melalui Kementerian PDT sebab Tolo’Oi masuk dalam daerah terpencil.

Termasuk Kecamatan Moyo Utara juga mengusulkan pembangunan pasar, mengingat di wilayah tersebut memang belum memiliki pasar. Namun untuk lahan, sejauh ini masih belum tersedia. “Kemarin Moyo Utara minta untuk pembangunan pasar, tapi kita harus mencari lahannya dulu. Kalau pembangunannya dari DAK, lahannya harus sudah tersedia,’’ terangnya.

Yang jelas, lanjut Zainal Abidin, seluruh usulan pembangunan pasar tersebut akan dikaji terlebih dahulu. Meninjau dari segi lokasi, terutama ketersediaan lahan, juga masyarakat yang hendak berjualan di pasar. Sehingga ketika nantinya sudah terbangun, tidak ada lagi persoalan lahan dan pasar tidak kosong dari pedagang. “Kita akan kaji terlebih dahulu untuk usulan ini,’’ pungkasnya. (Psg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.