Warga di Sekitar Klenteng Bantu Amankan Imlek

Sumbawa, Psnews – Warga pribumi yang bermukim di sekitar Klenteng Desa Badas Kecamatan Labuhan Badas ikut serta membantu mengamankan perayaan imlek bagi warga keturunan Tionghoa. Hal ini sebagai wujud toleransi antara warga keturunan yang merayakan tahun baru imlek di Klenteng Bao An Gong tersebut dengan warga setempat, Senin (2016/08/02).

Hal tersebut merupakan cerminan ‘masyarakat Sumbawa yang dikenal dengan sikap egaliter atau terbuka bagi setiap etnis maupun agama lain yang mnetap di Sumbawa.

Imlek di Sumbawa (6)Penjagaan dan pengamanan oleh warga ini berada di sekitar lokasi Klengteng yakni di depan pintu gerbang utama Klenteng. Mereka menyempatkan diri untuk bercengkerama dengan orang Tionghoa yang sedang mempersiapkan pelaksanaan malam perayaan Tahun Baru Imlek.

Sementara di jantung Klenteng, diadakan pemanjatan doa bersama Tahun Baru imlek oleh warga Tionghoa  yang berlangusng hikmad.

Menurut tokoh masyarakat sekitar Klenteng Bao An Gong, Abdul Aziz mereka sengaja melibatkan diri untuk mengamankan rangkaian ritual Perayaan Tahun Baru imlek di Sumbawa.

“Perbedaan suku, ras dan agama bukan menjadi masalah dan yang terpenting adalah saling menghargai,” kata Azis.

Azis mengatakan, pihaknya selalu terlibat hingga malam hari perayaan imlek di Klenteng Bao An Gong.

Ditemui secara terpisah, pengurus Klenteng Bao An Gong, Willy, mengaku keakraban Warga Tionghoa dengan masyarakat pribumi selama ini tidak pernah terjadi gesekan antar doa golongan etnis tersebut.

“Kami selalu dilibatkan di dalam diskusi-diskusi yang dilakukan Forum Kerukunan Antar Umat Beragama. Tidak pernah terjadi konflik selama ini,” ungkapnya. (PSB)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *