Perayaan Imlek di Sumbawa Berlangsung Khidmat

Sumbawa, PSnews = Ritual perayaan tahun baru Imlek 2567 pada Senin (08/02/2016) di Sumbawa Besar, NTB, berlangsung khidmat. Ritual tersebut diramaikan oleh aktifitas warga Tionghoa yang terpusat di Klenteng Bao An Gong, di Desa Labuhan Badas, Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa Besar.

Warga Tionghoa merayakan Imlek di Sumbawa dengan penuh suka cita. Mereka memusatkan ritual perayaan Imlek di Klenteng yang baru sepuluh tahun dibangun tersebut, sekaligus mempererat jalinan kekerabatan antar mereka.

Warga Tionghoa bersama sanak keluarga berdatangan melakukan ritual ibadah mereka di dalam Klenteng dengan menyalakan dupa kemudian berdoa secara bersama-sama.

Imlek di Sumbawa (8)Pengurus Klenteng Bao An Gong, Willy, menerangkan, keberadaan Klenteng tersebut tidak terlepas dari prakarsa komunitas warga Tionghoa yang berada di Sumbawa dan di luar Sumbawa. Mereka berkeinginan adanya sebuah tempat ibadah bersama-sama. Karena selama ini ritual peribadatan selalu dilakukan di rumah masing-masing.

Ia menambahkan, hingga tahun 2016 tercatat sebanyak 150 kepala keluarga menjadikan klenteng sebagai tempat ibadah. Ada pula warga Tionghoa yang berasal dari luar Sumbawa menggunakan Klenteng tersebut.

“Sumber dana pembangunannya dari para dermawan di kalangan warga Tionghoa di Sumbawa maupun di kota lain di dalam Propinsi Nusa Tenggara Barat,” kata Willy.

Meski demikian, Willy mengaku pembangunan Klenteng Bao An Gong hingga saat ini baru lima puluh persen. Pihaknya berharap adanya bantuan dari para donatur untuk bersama-sama melanjutkan pembangunan klenteng yang satu-satunya berada di Sumbawa tersebut. (PSb)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.