Polisi Kesulitan Ungkap Pelaku Pencurian Ternak di Plampang

Sumbawa, Psnews – Meski Polres Sumbawa telah mengamankan dua orang yang diduga sebagai pelaku pencurian ternak di Plampang, Polisi tetap kesulitan mengungkap siapa pelaku sebenarnya. Dugaan pencurian ternak tersebut berujung aksi pembakaran terhadap rumah salah seorang rekan dari dua orang yang diamankan tersebut, pada Senin (18/01/2016).

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad, ditemui Selasa (19/01/2016), mengaku bahwa orang tua pemilik rumah sudah melaporkan terkait dengan pembakaran rumah tersebut. Tapi sampai sekarang belum mengetahui keberadaan pemilik rumah.

Terkait dua orang yang kata masyarakat itu adalah pelaku, Kapolres menjelaskan bahwa pihaknya telah mengamankan keduanya karena pada saat kejadian hendak dimassa oleh masyarakat.

mass serbu rumah terduga pelaku curnak“Sudah berhasil kita evakuasi di sini, kata masyarakat itu adalah pelaku. Tapi kita masih kesulitan terkait dengan laporan resmi dari masyarakat belum ada,” terang Kapolres.

Ia meminta, kalau ada masyarakat yang tahu bahwa betul yang dua orang itu adalah pelakunya, silahkan datang ke Polres Sumbawa untuk memberikan kesaksikan kepada penyidik.

“Pak itu pelakunya, saksinya ini, buktinya ini. Baru kita bisa proses. Kalau sekarang tidak ada, katanya ada dua orang. Kita interogasi tidak ada pengakuan, kesaksiannya tidak ada, kita mau tahan gimana. Jangan sampai kita lepaskan, dipikir kita ngelepaskan tersangka padahal bukan tersangka itu karena masyarakat belum ada yang melapor, masyarakat tidak ada menyaksikan, dan memberikan kesaksian,” papar Kapolres Sumbawa.

Terkait mereka yang tersangkut tindakan anakris dengan membakar rumah warga,  Kapolres mengaku telah mengantongi data para pelaku. Bahkan salah seorang diantaranya bernisial H telah dijadikan tersangka.

Dari keterangan H tersebut terungkap siapa saja yang terlibat dalam aksi pembakaran tersebut. “H salah satu yang ikut melakukan pembakaran. Masih menurut keterangan tersangka H, dia ikut-ikutan,” ujar Muhammad.

Kapolres menegaskan sejauh ini pihaknya masih mencari siapa pelaku lain yang memprovokasi melakukan pembakaran. Tapi  pihaknya telah mempunyai gambar dan vidionya. Tinggal di cocokan saja untuk proses pengembangan.

Kepada mereka yang terlibat pembakaran rumah, Kapolres menghimbau agar menyerahkan diri sebelum ditangkap. (PSb)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.