Bantu Korban Banjir, TAGANA Sumbawa Dikirim ke Bima

Sumbawa, PSnews  – Banjir bandang yang memporak porandakan wilayah Kabupaten dan Kota Bima pada Rabu (21/12) sekitar pukul 15.00 wita, telah mengakibatkan ribuan rumah penduduk terendam dan hanyut, serta terputusnya listrik, akses informasi, komunikasi maupun transportasi. Sebagai bentuk solidaritas dan panggilan kemanusiaan, Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa mengirimkan personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Sumbawa untuk membantu korban banjir bandang Bima. Personil yang dikirim tersebut untuk memback-up dapur umum lapangan (Dumlap) sekaligus bergabung dengan Tagana setempat dan warga sekitar. Keberangkatan personil TAGANA Sumbawa dengan mobil Dumlap yang lengkap dengan logistik dan peralatan, dilepas oleh Sekretaris Dinas Sosial Sumbawa, Ir. Irin Wahyu Indarni, Kamis (22/12) didampingi Ketua Tagana Dedi Susanto S.Pd.I dan pengurus lainnya.
Sekdis Sosial Sumbawa yang akrab disapa Irin mengatakan, musibah yang menimpa masyarakat Bima adalah musibah yang juga dirasakan masyarakat Sumbawa. Karena itu menjadi kewajiban untuk memberikan bantuan bukan hanya materi tapi juga tenaga. Sebab masyarakat maupun organisasi kemanusiaan di sana sudah dalam kondisi tak berdaya mengingat mereka juga menjadi korban banjir bandang. “Yang dibutuhkan di sana yakni makanan cepat saji. Makanya kami mengutus anggota TAGANA yang memiliki keahlian dalam menangani dapur umum lapangan dilengkapi dengan kendaraan dapur umum. Bagian dari kendaraan itu sudah dipermak seperti dapur umum dengan peralatan dapur yang sangat lengkap. Untuk logistiknya, sudah ditanggung Dinas Sosial dan TAGANA Pemprov NTB. Tagana Sumbawa akan bergabung dengan Tagana KSB, Tagana Lotim, Tagana Pemprov, Tagana Dompu dan Bima,” tegas Irin.

Keberadaan anggota TAGANA Sumbawa di Bima, Irin mengaku belum mengetahuinya. Biasanya sepanjang diberlakukannya tanggap darurat minimal 7 hari dan bisa diperpanjang tergantung situasi dan kondisi. “Yang mengkoordinir mereka di sana adalah Dinas Sosial Propinsi,” paparnya.
Ia berharap personil yang dikirimnya mampu memberikan pelayanan maksimal kepada para korban bencana sehingga beban korban bencana dapat beraktifitas kembali secepatnya seperti biasa, tandasnya. (Gaz)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *