Kodim 1607 Sumbawa Berikan Wawasan Kebangsaan pada Masyarakat

Sumbawa, PSnews – Dalam sepekan terakhir, jajaran Kodim 1607 Sumbawa intens melakukan silaturahim kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat guna memberikan wawasan kebangsaan. Kegiatan ini untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta menjaga stabilitas keamanan, sekaligus menepis isu-isu yang dapat mengadu domba antar sesama.

Dandim 1607 Sumbawa melalui Pasiter – Kapten Inf. Achmad Nurodin Hidayat menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut selain menumbuh kembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air, juga mendidik masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa agar menjadi anak muda yang dikemudian hari tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah belah antar sesama dan memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada umumnya.

Sesuai dengan eksistensinya, TNI adalah pembela ideologi negara (Pancasila). Salah satunya diwujudkan dengan menjadi perekat kemajemukan bangsa sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. TNI pun tidak akan memberi toleransi pada gerakan yang mengancam keutuhan bangsa. TNI menyatakan dengan tegas bahwa mereka adalah garda terdepan dalam mengelola kebinekaan Indonesia. Dan setiap bentuk ancaman terhadap keutuhan bangsa yang berbineka ini akan dihadapi TNI termasuk di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat. “Sesuai amanat Panglima yakni tegakkan satu komando dan jangan ragu bertindak untuk menjaga kutuhan dan kedaulatan NKRI,’’ paparnya.

Sejauh ini, pihaknya sudah mendatangi sejumlah desa, perguruan tinggi dan sejumlah sekolah jenjang SMA yang ada di dua Kabupaten ini. “Kami sudah mengunjungi beberapa desa, termasuk sekolah untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada mereka,’’ pungkasnya.  (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *