Cek Kesehatan Hewan Qurban, Pemda Sumbawa Bentuk Tim

Sumbawa, PSnews – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa telah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan hewan yang akan diqurbankan pada Hari Raya Idul Adha 12 September mendatang. Hal ini pun mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah, yang juga meminta agar kesehatan hewan qurban harus betul-betul terjamin.

“Tidak boleh ada yang bermasalah. Kesehatan hewan yang akan diqurbankan harus terjamin,’’ tegas Haji Mo – panggilan akrab Wabup kepada wartawan.

Wabup mengaku kalau sejauh ini telah berkoordinasi dengan dinas terkait. Bahkan kepada masyarakat yang akan berqurban, diminta untuk aktif berkoordinasi dengan petugas yang ada di kecamatan maupun desa. Agar hewan bisa diperiksa terlebih dahulu, sebelum nantinya diqurbankan. “Segera bawa hewannya, agar petugas bisa melakukan pemeriksaan,’’ pintanya.

Selain itu, Wabup juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Sumbawa untuk memanfaatkan moment Hari Raya ini sebaik mungkin. Bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban wilayah. Termasuk tidak mudah terprovokasi dengan berbagai isu yang tidak jelas. ‘’Mari manfaatkan momentum Idul Adha ini dengan saling bermaaf-maafan. Kondisifitas daerah harus tetap kita jaga,’’ tandas  Wabup.

Sebelumnya Kepala Disnakeswan Sumbawa – Syafruddin Nur menyatakan, SK petugas kesehatan hewan sebanyak 94 orang telah dikeluarkan. Mereka tersebar di 13 UPT, 57 personel di dalam kota, meliputi Kecamatan Sumbawa, Unter Iwes, Labuhan Badas, 5 personel di Laboratorium Dinas Peternakan, dan 9 personel di posko atau sekretariat. “Pemeriksaan dilakukan dua tahap. Sebelum hari raya dan sesudah hari raya,’’ tukasnya.

Dijelaskan, pemeriksaan difokuskan pada darah hewan di laboratorium. Kemudian pada saat dilakukan penyembelihan, juga dilakukan pemeriksaan terhadap limpa atau hati untuk mengetahui apakah ternak yang diqurbankan tersebut sehat atau sakit. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *