Balon Kades di Empat Desa Jalani Tes di Kabupaten

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 20 desa di Kabupaten Sumbawa akan melaksanakan Pilkades serentak pada 13 Agustus 2016. Dari jumlah itu, bakal calon (Balon) Kades di empat desa harus menjalani tes di Kabupaten Sumbawa karena memiliki bakal calon lebih dari lima orang.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa – Tarunawan kepada Pulau Sumbawa News Selasa (26/7/2016). Adapun empat desa yang Balon Kadesnya menjalani tes di Kabuapten yakni Desa Lenangguar sebanyak 11 orang, Desa Pukat 8 orang, Desa Mokong 7 orang dan Labuhan Jambu 7 orang. Tes ini sudah dilakukan pada hari Senin di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Dilanjutkan, tes dilakukan oleh tim independen yang berasal dari salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki alat ukur atau alat tes psikologi. Mereka telah membangun kerjasama dengan masing-masing panitia desa. Dan hasil tesnya sudah diserahkan ke panitia, untuk kemudian diumumkan 5 terbaik, dan itu yang maju ke tahap selanjutnya. “Kami pun tidak diperkenankan masuk selama mereka jalani tes. Jadi hasil yang diperoleh dari masing-masing bakal calon betul-betul murni,’’ tandasnya.

Setelah semua Bakal calon mengikuti tes, maka tahapan selanjutnya yakni pengambilan nomor urut, baru penyampaian visi dan misi, kampanye, dan proses pemilihannya dilaksanakan pada 13 Agustus 2016. “Kami di sini hanya aparat Pemerintah yang fungsinya fasilitator. Jadi ada dibentuk tim Kabupaten untuk memfasilitasi seluruh panitia desa. Seperti tes kemarin, kami hanya mempertemukan panitia desa dengan tim independent. Kami tetap memfasilitasi sampai dengan selesai. termasuk pada saat hari pelaksanaan, kami juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk pengamanan,’’ tutur Tarunawan.

Untuk itu Ia berharap kepada masyarakat, panitia pelaksana serta pihak lainnya agar dapat menyambut baik Pilkades ini sebagai sebuah pesta. Sehingga harus dilaksanakan dengan gembira, bukan dengan bersengketa, berselisih atau sejenisnya yang dapat merugikan banyak pihak. “Mekipun ada perbedaan, cukup dalam satu hari. Tapi habis itu rukun lagi seperti biasa,’’ pungkasnya.

Adapaun 20 desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini adalah Desa Serading, Kakiang, Olat Rawa, Batu Bangka, Brang Rea, Mokong, Lito, Ledang, Lenangguar, Pungkit, Pelat, Simu, Labuhan Jambu, Sebotok, Bale Brang, Pukat, Tepal, Lamenta, Labuhan Mapin dan Kukin. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *