Polisi Sita Petasan Siap Ledak di Labuhan Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Anggota Polres dan Satuan Brimob Sumbawa menggelar razia petasan di sejumlah rumah warga Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas, Selasa (28/6/2016). Dari kegiatan itu, Polisi berhasil menyita puluhan petasan besar siap ledak, termasuk beberapa bahan peledak lainnya yang digunakan untuk membuat petasan.

aparat Polres dan Brimob operasi petasan
Operasi petasan di Labuhan Sumbawa

Kapolres Sumbawa – AKBP Muhammad Suhanda SIK dalam jumpa persnya menjelaskan, sebelum penindakan ini dilakukan pihaknya sudah memberikan himbauan secara tertulis kepada masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk tidak bermain-main dengan petasan. Bahkan menjelang Idul Fitri ini, pihaknya kembali melakukan hal yang sama, mengimbau masyarakat Labuhan Sumbawa melalui Kades dan tokoh masyarakat setempat. Mengingat, sejauh ini pihak Kepolisian sudah mengantongi nama-nama masyarakat yang diketahui sering membuat petasan. “Sudah kita beritahukan kepada yang bersangkutan (pembuat petasan). Karena tidak ada respon, sehingga kita lakukan penggeledahan atau razia terhadap sejumlah rumah-rumah yang sudah ada datanya di kita,’’ tandasnya.

Dari hasil razia tersebut, ternyata ditemukan beberapa petasan siap diledakkan dan beberapa bahan lainnya seperti puluhan gulungan kertas berbagai ukuran, bubuk mesiu, ratusan lembar kertas, pisau, palu, serta lainnya. Barang bukti tersebut disita dari empat orang pemilik yang bertempat tinggal di Kampung Padak dan Kali Baru Desa Labuhan Sumbawa. “Mungkin jumlah ini nanti bisa berkembang dan semua barang bukti tersebut disimpan di Mako Brimob Sumbawa,” terangnya.

Barang bukti petasanUntuk itu, pihaknya kembali mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa terutama yang membuat atau menyimpan petasan dengan daya ledak tinggi, agar bisa menyerahkan petasannya secara baik-baik ke pihak Kepolisian. Mengingat Polisi sudah memiliki data dari nama-nama warga yang sering membuat petasan berukuran besar. “Kalau diserahkan secara baik-baik, akan kita pertimbangkan (proses tindaklanjutnya). Tapi kalau tidak diserahkan secara baik-baik, kita sudah ada nama-namanya. Sehingga tinggal kita lakukan razia lagi terhadap orang-rang yang menyimpan atau membuat petasan ini. Apabila nanti masih ada yang diledakkan, ya siap-siap saja lebaran di kamar sel Polres,’’ demikian Kapolres. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *