Sebeok Dapat Jatah 150 Hektare Cetak Sawah Baru

Sumbawa, PSnews – Pada tahun ini, Kabupaten Sumbawa kembali mendapatkan program cetak sawah baru dari Pemerintah Pusat. Khusus Desa Sebeok Kecamatan Orong Telu, akan dapat jatah seluas 150 hektare.

Hal itu disampaikan Kades Sebeok – Syamsul Hidayat kepada media ini di Kantor Bupati Sumbawa. Pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemkab Sumbawa khususnya Dinas Pertanian, karena adanya bantuan cetak sawah baru tersebut. Luasan yang didapat tersebut dinilai cukup, bahkan warga setempat memberikan apresiasi kepada Pemerintah. “Kami sangat berterima kasih dengan adanya bantuan percetakan sawah baru ini. Itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat saya khususnya. Bahkan pasca sosialiasi saya ke masyarakat, warga itu begitu antusias,’’ ujarnya.

Menurutnya, warga Sebeok pun terlibat langsung pada program tersebut. Dalam artian, turut mengawal, mengurus, bahkan membantu segala macam kebutuhan baik alat, operator dan lalinnya. Agar program tersebut bisa berjalan dengan baik. “Untuk tahun depan, kita usulkan seluas 200 hektare. Dan itu sudah diamini oleh Pak Kadis Pertanian,’’ tuturnya.

Banyak manfaat yang diperoleh masyarakat dengan adanya program cetak sawah baru tersebut. Selain akan menambah luas lahan pertanian, juga ada bantuan lainnya yang juga masuk. Seperti bantuan mesin hand traktor, obat-obatan, dan lainnya. Disusul pula dengan pembangunan irigasi, jalan usaha tani. ‘’Jadi kita desa merasa sangat terbantu juga,’’ tukasnya.

Diungkapkan, luas lahan pertanian di Desa Sebeok saat ini sektiar 3.000 hektar, dan akan ditambah seluas 150 hektare dari cetak sawah baru dalam tahun ini. Hasil panen warga Sebeok menurut APBDes pertahunnya sekitar 600 hingga 700 ton padi. “Dengan adanya program ini, saya yakin ada penambahan hasil pertanian. Begitu juga dengan hasil jagung yang cukup baik, walaupun ibaratnya warga kami masih belajar nanam,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *