10.652 Orang Terima Beasiswa PTNNT

Sumbawa, PSnews – Ketua Lembaga Penelitian Legislasi dan Konsultan (LPLK) NTB, Prof. Dr. H Salim HS., SH menyebutkan, bahwa sejak Tahun 2011 hingga 2015 ini, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) telah memberikan beasiswa kepada 10.652 siswa dan mahasiswa di kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sosialisasi beasiswa PTNNTBeasiswa yang diberikan ini terdiri dari beasiswa Peningkatan Prestasi 790 orang, Beasiswa Perak 7.759 orang, Beasiswa Emas 1.113 orang, Beasiswa Platinum 984 orang dan Beasiswa Bulaeng 6 orang.
“Salah satu alumni beasiswa emas kini sedang mengikuti kuliah program doktor atau Ph.D di Universitas Montreal Kanada, dan satu orang penerima Beasiswa Platinum sedang mengikuti program S3 di Australia,” ungkap Profesor Salim didampingi koleganya di LPLK, Dr. Dahlanuddin, saat memberikan pengarahan pada Sosialisasi Program Beasiswa PTNNT di Transit Hotel Sumbawa Besar, Rabu (27/4).

Melalui lembaganya yang bekerjasama dengan PTNNT, Prof Salim mengaku telah melakukan riset tentang pekerjaan para alumni beasiswa PTNNT, dengan jumlah responden 1.273 orang. Hasil penelitian menunjukkan, yang sudah bekerja mencapai 895 orang, mencari kerja 98 orang, dan melanjutkan ke S2 atau S3 hanya 7 persen. Dari alumni beasiswa PTNNT ini juga telah banyak memegang jabatan fungsional dan structural di sejumlah instansi pemerintah termasuk beberapa di antaranya yang sudah menjadi pimpinan SKPD di lingkup pemerintahan KS dan KSB. Prof Salim berharap para penerima beasiswa PTNNT yang tengah menempuh pendidikannya di sejumlah perguruan tinggi menjadi pemimpin-peminpin yang hebat dan berkarakter mulia dengan tetap mempertahankan idealisme dan tidak korupsi.

Karenanya untuk mendapat informasi sekaligus peluang dalam mendapatkan beasiswa PTNNT, Prof Salim menilai sangat penting digelarnya sosialisasi tersebut dengan peserta para pelajar SMA/MA/SMK di wilayah Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman para siswa tentang program beasiswa yang ditawarkan PTNNT. Selain itu memotivasi para siswa agar dapat meningkatkan prestasi dan etos belajarnya, serta dapat memilih tempat belajar atau kuliah pada kampus terkemuka di Indonesia. (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *