Puluhan ‘Kartini’ Bagikan Garam Iodium Gratis

Sumbawa, PSnews – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa menggelar berbagai kegiatan dalam memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2016). Salah satunya berupa pembagian garam beriodium secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan oleh para tenaga kesehatan wanita yang menggunakan pakaian kebaya.

dr Nita Aryani“Sasaran dari pembagian garam beriodium ini adalah semua masyarakat. Mengingat cukup banyak warga yang belum mengetahui pentingnya mengkonsumsi garam beriodium. Dengan tercukupinya mikronutrien dalam tubuh anak, maka kualitas IQnya akan meningkat, pertumbuhannya pun semakin bagus,” jelas Ketua Penyelenggara Kegiatan yang juga Kabid Kesehatan Keluarga Dikes Sumbawa, dr. Nita Aryani yang ditemui wartawan di sela kegiatannya.

Lebih jauh dr Nita memaparkan, dampak kurangnya kadar iodium dalam tubuh anak menyebabkan anak tumbuh kerdil, pendek, cebol (stanting). Cukup banyak generasi sekarang ini yang mengalami stanting, karena masih banyak yang beranggapan bahwa pendek disebabkan karena faktor keturunan, padahal kondisi sebenarnya tidak seperti itu.

Untuk hari pertama, sekitar 500 bungkus garam iodium dibagikan kepada masyarakat, terutama para pengendara yang melintas di jalan Mangga Sumbawa Besar. Rencananya, pihaknya juga akan menyumbangkan garap beriodium sebanyak 500 bungkus ke masyarakat di Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes.
“Pembagian garam iodium ini juga bertujuan agar masyarakat memahami bahwa garam tanpa iodium yang mereka konsumsi kurang bagus bagi pertumbuhan anak,’’ pungkasnya.

Selain membagikan garam beriodium, Dikes Sumbawa juga mengadakan kegiatan donor darah dan  melaunching gerakan GASSIBU yaitu penggalangan dana Rp 1.000 sahabat untuk seribu hari pertama kehidupan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *