Kondisi Kritis, Jalan Provinsi di Sumbawa Segera Diperbaiki

Sumbawa, Psnews – Sejumlah titik ruas jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Sumbawa dalam kondisi kritis, baik yang ada di wilayah dalam kota maupun di kecamatan. Kondisi dirasakan cukup parah terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini. Sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan.

Kepada wartawan, Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Propinsi di Kabupaten Sumbawa Jamaluddin Malady mengungkapkan, adapun titik jalan Provinsi di Sumbawa yakni, Jalan dari Bandara Sultan Kaharuddin III sampai ke Batu Dulang, dari Blok M di Lawang Gali sampai Rebares, Moyo Utara dan Lu’ air. Dari seluruh ruas jalan tersebut, ada beberapa yang sudah dihotmix, sisanya belum.

Menurutnya, untuk jalan dari Blok M menuju Raberas akan di hotmix tahun ini. Lokasi itu bakal dipermanenkan. Sebab sudah beberapa kali diperbaiki, tetapi tetap saja rusak. Dari fakta di lapangan, pihaknya menyimpulkan, sekuat apapun jalan yang diaspal jika selalu digenangi air, maka akan cepat rusak. Selain masalah genangan air ketika musim penghujan, pihaknya juga menemukan adanya kerusakan pipa PDAM di wilayah sekitar. Air yang keluar dari pipa tersebut merembes ke badan jalan, sehingga setiap hari jalan tersebut akan terlihat basah. “Kalau jalan di situ tetap basah, maka yang beraspal akan rusak, karena tidak bisa mengikat batu,” terangnya.

Jamal menambahkan, sementara untuk jalan-jalan Provinsi lainnya hanya dikerjakan dalam skala sporadis. Artinya jalan-jalan yang berlubang akan ditambal dan sebagainya. Disamping ada perbaikan dan pemeliharaan rutin ruas jalan Provinsi, juga dilakukan pemeliharaan drainase. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. (gunk)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *