PTNNT Bantah Buang Limbah dari Kapal ke Laut

Sumbawa Barat, Psnews – Manager Tanggungjawab Sosial PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) membantah dengan tegas pemberitaan yang menyatakan bahwa PTNNT membuang limbah dari kapal ke laut. “PTNNT tidak membuang limbah apapun dari kapal ke laut,” tandas Syarafuddin Jarot yang disampaikan melalui email  pada media ini Kamis (21/01/2016). Sesuai manifest, jelas Syarafuddin Jarot,  limbah yang diangkut oleh kapal MV Redrock adalah pelumas bekas dan limbah-limbah bekas pakai lainnya yang telah mendapat izin untuk dikirim ke sarana-sarana pendaur-ulang limbah berizin milik pihak ketiga di dalam negeri. 

PTNNT juga mengijinkan penyelidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat  yang hingga saat ini tidak mendapati ketidaksesuaian dengan manifest.

Pernyataan ini sekaligus menjawab kecurigaan pihak TNI Angkatan Laut Pos  Benete terhadap kapal Redrock Voyage 1602 milik PT Meratus  Line yang memuat peti kemas di Perairan Teluk Benete, Minggu 17 Januari lalu.
Komandan Pos TNI AL Benete, Serma Abdurahman menerima informasi bahwa ada pemuatan sedikitnya 11 kontainer berisikan tembaga, limbah dari PTNNT. Limbah tersebut tidak tercantum dalam manifest kapal yang tercatat di dokumen Syahbandar Benete.

‘’Informasi yang kami terima, valid. Bahwa kapal itu mengangkut limbah tembaga tanpa izin dan dilaporkan kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat,’’ ungkap Abdurrahman yang dikonfirmasi di Benete, Minggu (17/01/2016).

Ia menduga kontainer berisikan tembaga tersebut berkapasitas masing-masing 20 ton akan diselundupkan ke luar perairan NTB. Ini dikuatkan dengan informasi dari Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Sumbawa Barat  dan sumber warga dan karyawan yang berada di kawasan ledon 6 dimana kontainer limbah ini ditampung.

Demikian pula Penjabat Bupati, Abdul Hakim mengutus anggota Kesbangpoldagri dan Kepala Dinas Perhubungan untuk menghentikan kapal, sampai ada inspeksi dan pemeriksaan langsung untuk mencari bukti informasi penyelundupan. (PSc).

Komentar

comments

Spread the love

One thought on “PTNNT Bantah Buang Limbah dari Kapal ke Laut

  • May 31, 2016 at 1:36 am
    Permalink

    PT Newmont Nusa Tenggara tidak membuang limbah apa pun dari kapal tersebut ke laut, kata Syarafuddin yang menghubungi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *