Polres Sumbawa Jadi Pilot Project Pengembangan Polmas

Sumbawa, PSnews – Polres Sumbawa terpilih sebagai lokasi pilot proyek dalam pengembangan Polmas. Nantinya akan langsung dinilai oleh Polisi Jepang. Selain Polres Sumbawa, di NTB ada 2 lagi yakni Lombok Tengah dan Mataram.

Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad S.Ik, Senin (02/11/2015) menerangkan, terkait terpilihnya Polres Sumbawa sebagai lokasi pengembangan Polmas tersebut, dipusatkan di dua Polsek yakni Polsek Alas dan Polsek Lape.

Menurut Kapolres, tidak diketahui pasti apa yang menjadi pertimbangan pihak Polisi Jepang memilih Polres Sumbawa di NTB sebagai pilot project. Penunjukan tersebut dilakukan melalui Polda NTB. Kemungkinan ada criteria khusus dari Polisi Jepang. Hal tersebut dianggap sebagai tantangan bagi Polres Sumbawa khususnya Polsek Alas  dan Polsek Lape.

Terkait dengan kesiapan tersebut, Kapolres telah mengunjungi Polsek Alas khususnya Babinkantibmas di Kecamatan Alas, bahkan  mengunjungi Dusun Matemega yang terbilang terpencil.

“Kita ke sana untuk mengecek sejauh mana keberhasilan Babinkantibmas di sana. Bahkan kita juga mengharap kepedulian Pemda dan memberikan perhatian kepada dusun yang ada di atas gunung di Desa Marente tersebut,” ungkap Kapolres.

Hasil kunjungannya diketahui bahwa dua Dusun di Matemega belum memiliki sambungan listrik dari PLN. Warga hanya memanfaatkan keberadaan pembangkit listrik dari tenaga matahari atau solar cell dan tenaga air melalui PLTMH (pembangkit listrik tenaga mikro hidro) yang bersumber dari bantuan luar.

Di Matemega tambah Kapolres, terdapat sekitar 100 kepala keluarga di dua dusun tersebut.  Tapi berkat binaan Babinkantibmas diketahui tidak pernah terjadi persoalan yang menonjol. Harapan Kapolres kepada masyarakat dan pemerintah untuk tetap memperhatikan desa tersebut.

“Selain pengecekan kesiapan pengembangan Polmas, kegiatan kunjungan kami juga berkaitan dengan supervise kesiapan untuk pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desember yang akan datang,” terangnya.

Kapolres menambahkan, endingnya nanti jika Polres Sumbawa berhasil menjadi contoh maka akan menjadi contoh keberhasilan Babinkantibmas atau Polmas yang ada di Kabupaten Sumbawa khususnya di Polsek Alas dan Polsek Lape.

Tujuannya Polmas atau Babinkantibmas jelas Kapolres, sebagai pengembangan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Dulu permasalahan yang ada dinaikan dan diproses hukum. Sekarang langsung diselesaikan dari akar masalah atau penyebab timbulnya masalah yang harus bisa diselesaikan para Babinkantibmas di masyarakat, baik berupa tindak pidana maupun non tindak pidana. Tentunya bekerjasama dengan Babinsa dan Kepala Desa.(PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *