Ketua DPRD dan Wabup Sumbawa Salurkan Ratusan Genset

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Penanganan dampak ekonomi yang sempat lesu akibat terpaan Pandemi Covid 19 diharapkan dilakukan secara terus menerus sampai kepada kondisi ketahanan ekonomi masyarakat menjadi stabil. Salah satu ikhtiarnya adalah melalui upaya  membangun sinergisitas atas pemenuhan Program Pengembangan dan Pemberdayaan usaha mikro yang diorientasikan pada peningkatan produktivitas Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKM/IKM), melalui pendanaan usulan pokir DPRD yang bersumber dari APBD. Sehingga tidak ada kesan adanya dikotomi antara DPRD dan Eksekutif. 

Hal inilah yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq yang mengaku sangat memahami kesulitan masyarakat dalam berusaha akibat terpaan Pandemi Covid 19. Sektor ekonomi dan UMKM salah satu yang diserap dan  diperjuangkan melalui tupoksi yang ada. Hari ini Rabu (12/10/2022) Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq di Kecamatan Alas menyerahkan bantuan Genset kepada Kelompok  UMKM yang ada di wilayah Barat Sumbawa / Dapil IV dan hampir semua Desa dapatkan. Ada sebanyak 801 Genzet yang dibagikan di tempat yang sama. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany SPd,MPd, Inspektorat Kabupaten Sumbawa dan jajaran Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan.

Di sela sela penyerahan genzet tersebut, Kepada media ini (12/10) Abdul Rafiq mengatakan bahwa bantuan ini merupakan aspirasi yang disuarakan sejak tahun lalu oleh segenap masyarakat di saat Pandemi Covid 19. Mereka mengharapkan adanya sentuhan Pemerintah Daerah terhadap keberlangsungan usaha dan juga aktifitas sehari hari di rumah. “Inilah jawaban dari aspirasi yang disampaikan mereka kepada kami, dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Alhamdulillah kami dapat mengakomodir melalui bantuan genset yang disaksikan oleh  Wakil Bupati Sumbawa bersama jajaran OPD terkait yakni Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan selaku PPKnya, dan Inspektorat selaku pengawas,” terang Rafiq

Menurut Rafiq, alasan mendasar disalurkannya genzet ini karena mereka adalah kelompok usaha  UMKM yang  usahanya macet di kala itu,l. “Siapa tahu pula pas mati listrik bisa digunakan,” imbuhnya.

Dijelaskan, ada sembilan desa  yang ada di bagian Barat Sumbawa yang menerima bantuan ini diantaranya, Desa Buin Baru Kecamatan Buer, kemudian Desa Luar, Desa Labuhan Alas, Desa Baru,  Desa juran Alas dan Desa Dalam di Kecamatan Alas kemudian ada Desa Usar Mapin, Desa Gontar dan Desa Lekong  di Kecamatan Alas Barat, Para anggota kelompok penerima semuanya hadir, dan ada 801 Genset yang dibagikan serentak hari ini. “Atas kehadiran Wakil Bupati Sumbawa dalam penyerahan bantuan ini merupakan bukti dan wujud nyata sinergitas yang baik antar kedua lembaga, yakni DPRD dan Eksekutif  bahwa pelaksanaan program Pemerintah  itu adalah satu,” terangnya.

Kemudian minggu depan menurut rencana akan dibagikan /diserahkan 240 mesin ketinting untuk  Kelompok Penerima di Desa Pulau Kaung, Desa Labuhan Burung, dan Desa Labuhan Mapin.

Melalui bahwa Pokir ketua DPRD juga, telah disalurkan kambing sebanyak 258 Ekor dan jaring tangkap ikan nelayan sebayak 275 Kelompok Penerima. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany SPd MPd menyampaikan kepada masyarakat agar bantuan berupa barang ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengangkat produktivitas para pelaku usaha mikro. “Alhamdulillah berkat sinergitas antara eksekutif dan legislatif memberikan pelayanan untuk masyarakat melalui bantuan sosial barang yang diserahkan kepada masyarakat melalui aspirasi / Pokir Pak Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafik dan eksekutornya Pemda Sumbawa lewat Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan. Kami harapkan bantuan ini benar-benar dapat membantu produktivitas usaha ekonomi masyarakat,” tutup Hj Novy (PSruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *