OPINI : MXGP Samota Sumbawa, Dari Sumbawa Gemilang Bicara Dunia

Oleh : Abdul Ma’ruf Rahmat SP (Mahasiswa  Program Studi Manajemen Inovasi Sekolah Pasca Sarjana Universitas Teknologi Sumbawa)

Motor Cross Grand Prix (MXGP) Samota Sumbawa adalah event internasional yang menghadirkan pembalap dari berbagai Negara. Kehadiran mereka adalah tamu bagi kita tau dan Tana Samawa. Karena setidaknya mereka hadir selama 3 hari  di perhelatan Dahsyat tersebut. 

Tiga hari  tersebut adalah waktu yang sangat penting bagi kontestan, penyelenggara maupun masyarakat di Sumbawa. Suksesnya event ini akan menjadi bukti bahwa NTB khususnya Sumbawa mampu menggelar event internasional dan sebagai penguit pembangunan di Daerah. 

Untuk dapat tampil dengan performa terbaik dibutuhkan kesiapan dan persiapan yang sungguh sungguh serta dukungan multi pihak. Atau Dalam konsep  yang saya ketengahkan adalah dukungan Penta- helix. 

Konsep penta-helix atau multipihak dimana didalamnya ada  unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media massa elektronik maupun cetak bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan inovasi pengetahuannya sehingga berkah dari MXGP terasa dalam pengembangan potensi sumberdaya manusia , dan alam menjadi bernilai ekonomis.

Event MXGP Samota Sumbawa hadir   di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB menjadi kendaraan bagi Pemerintah Daerah, Tau dan Tana Samawa untuk terwujudnya Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.  Sesuai dengan Visi Bupati Drs. H.Mahmud Abdullah  dan Wakil Bupati Sumbawa   Dewi Noviany  S.Pd.MPd. karena dengan berhasilnya membawa event ini adalah bukti bahwa Kabupaten Sumbawa dan Provinsi NTB mampu berkompetisi baik ditingkat regional Nasional maupun Internasional. 

Kegemilangan awal ini masih membutuhkan kegemilangan lainnya yakni gemilang dalam mempersiapkan segala sesuatunya pada  Pra event, saat event dan pasca Event.

Diantara hal yang telah dilakukan pra event adalah koordinasi dan konsolidasi dengan multipihak oleh pihak Pemerintah daerah  baik dengan Penyelenggara, maupun dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Sebagaimana telah diberitakan dalam media massa lokal maupun nasional bahwa Wakil Bupati Sumbawa bersama dengan Gubernur NTB telah bertemu dengan Menteri Sandiaga Uno, Para Pelaku Usaha /Manajer dari PT Aman Mineral, PT Pertamina,  demikian juga sebelumnya ada Rakor kesiapan Pemkab  Sumbawa sebagai  calon tuan rumah  MXGP, Bersama Gubernur NTB,   Bupati Sumbawa, Tim MXGP  Jakarta, Pimpinan OPD Provinsi dan pemerintah Kabupaten Sumbawa.  di Hotel Seaside, pada tanggal 24 Desember 2022 lalu, Kemudian diikuti dengan rapat pendahuluan Tim Pemkab Sumbawa  di Kantor Bappeda Sumbawa,  pada 25 Desember 2022,   Sosialisasi Kab Sumbawa sebagai  calon tuan rumah MXGP ke  pelaku usaha di Kantor Bupati Sumbawa, pada tanggal 29 Desember 2022.

Rapat kordinasi dan konsolidasi semakin intensif dilakukan secara internal Pemda dan secara eksternal melibatkan Penta helix baik dari kalangan pengusaha, kampus, kelompok komunitas masyarakat dan media massa serta komponen pemerintahan daerah. 

Terakhir komandan lapangan MXGP, Ir. H. Ridwansyah bersama Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah SE MSc,  mengunjungi venew (24/4) didampingi  Noval dari Sport Talent Indonesia [STI]  guna memastikan dimulainya secara umum pembangunan sirkuit MXGP  serta menyaksikan secara langsung pelaksanaan pengerukan maupun lainnya sesuai janji Komandan lapangan dan STI selaku Event Organizer MXGP Samota 2022.

Saat itu Ridwansyah menyampaikan pada  Ahad 24/4 akan memulai pembangunan sirkuit MXGP di Samota, sebagaimana dijadwalkan bahwa pada tanggal 24 – 26 Juni 2022 rencananya akan digelar Kejuaraan Dunia Motor Cross, menurutnya, sekitar 50.000 bahkan 100.000 pengunjung akan datang dari berbagai Negara dan memadati kawasan yang tengah ditata,  adapun panjang sirkuit yang akan di bangun sekitar 1.800 meter dan paling lambat 1 bulan kedepan sirkuit ini akan kelar.

Dengan adanya Event MXGP ini menjadi peluang dan kesempatan yang sangat baik  menggelar promosi pariwisata daerah di event internasional di Kabupaten Sumbawa. Dengan segala potensi keindahan alam dan keragaman budayanya, kuliner dan keramahan penduduk Sumbawa, Kabupaten Sumbawa siap menjadi tuan rumah dalam melayani tamu wisatawan dari luar negeri.

Kita memiliki beberapa objek wisata alam yang sangat menarik seperti Pulau Moyo dengan keindahan air terjun mata jitunya, Teluk Saleh dengan keunikan biosfer bawah laut seperti hiu paus di Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano,  Labuhan Badas dengan keindahan pantai Kencana, Pantai Jempol, Pantai Baru, Pantai Goa dan Batu Gong,  Pantai Gelora di Kecamatan Rhee. Pantai Labu Pade di Kecamatan Utan. Wisata Bahari di Pulau Bungin.

Demikian pula di sekitar lokasi Venew MXGP Keluarahan Brang Biji pengunjung bisa menikmati d keindahan pantai Ai Lemak dan Ai Loang, Tanjung menangis,  serta pantai Labu Sawo. Bagi penikmat sejarah bisa berkunjung ke Museum Daerah dan Istana Dalam Loka disana bisa melihat langsung situs sejarah Samawa, bagaimana kerajaan Sumbawa pada zamannya hingga masa kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya itu  Wisata Bendungan Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu dapat jadi alternatif yang menarik, dengan keindahan wisata alam di desa sekitarnya seperti 1000 Batu di Desa Mokong,  Liang Bukal di Desa Batu Tering, Demikian juga di Kecamatan Moyo Hulu, banyak  produk yang menarik seperti makanan “Jadi”, Poteng Pernek, Permen Poteng, Kerajinan Pandai Besi, dan minyak Lala.  Demikian juga seni budaya barapan Kebo, Nganyang, Ngumang, Rontok, Rebana dan tariannya serta keindahan alam air terjun Ai Beling yang tak kalah menarik. 

Bagi wisatawan dengan minat khusus dapat berkunjung ke wilayah Berburu pulau Moyo, atau nganyang di Desa Sempe Kecamatan Moyo Hulu, berburu madu di Kecamatan Batu Lanteh dan wisata dingin di Semongkat Desa Kelungkung serta Ai Panas di Kecamatan Maronge.

Untuk menjamin kenyamanan pengunjung selama di Sumbawa ada beragam komunitas dan asosiasi pariwisata yang siap menjadi pemandu wisata. Seperti Asosiasi Pariwisata Nasional (ASPARNAS) Kabupaten Sumbawa, ASITA, Kelompok Sadar Wisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) , Perhimpunan Pramu Wisata Indonesia (PPI) dan BUMDES yang mengelola objek wisata. 

Dengan banyaknya daerah Wisata di Kabupaten Sumbawa, menjadikan Sumbawa tempat yang menarik dikunjungi sebelum pergelaran MXGP, saat MXGP maupun pasca MXGP, sehingga tak salah kita katakan Dari Sumbawa Tana intan bulaeng berbicara Dunia Internasional. (***)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.