Sumbawa Borong Gelar Juara Anugerah Kampung Sehat NTB, Abdul Rafiq Beri Apresiasi

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq memberikan apresiasi yang tinggi atas sinergi segenap elemen Instansi dan masyarakat di Kabupaten Sumbawa sehingga berhasil meraih prestasi pada anugerah kampung sehat tahun 2021 ini. “Kita berikan apresiasi yang tinggi atas semua penghargaan yang telah didapat dan kita jadikan ini sebagai bekal penting untuk secara bersama-sama dalam melawan covid 19,” ujar Rafiq di sela-sela acara pemberian Anugerah Awards Kampung Sehat NTB yang digelar di Hotel Prame Park Kota Mataram, Selasa (30/11/2021).

Program Kampung Sehat “Nurut Tatanan Baru” berbasis lomba yang diinisiasi Polda NTB. Puncak kegiatan lomba sebagai upaya mitigasi penyebaran pandemi Covid-19 di NTB tersebut, ditandai dengan pemberian Anugerah Awards Kampung Sehat NTB oleh Kapolri yang diwakili Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur NTB, De. H Zulkieflimansyah SE, M.Sc, Kapolda NTB, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H ,Perwakilan dari Komandan Korem (Danrem) 162/ ketua DPRD Provinsi NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H, Para Bupati dan Wakil Bupati,Walikota , Pimpinan DPRD Se Nusa Tenggara Barat ,tokoh agama, dan tokoh masyararakat.

Menurut Rafiq, program yang digagas Polda NTB ini sangat strategis dan bermanfaat bagi masyarakat. “Insya Allah dengan kerja gotong royong sesuai dengan fungsi masing-masing, hal ini akan dapat kita lakukan secara berkelanjutan,” tendasnya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi program dari Polri dalam melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi covid-19. Termasuk diantaranya Program Kampung Tangguh di NTB yang diimplementasikan dalam bentuk Kampung Sehat NTB. “Kita jadi punya semangat untuk membekali masyarakat dalam mewujudkan sebuah kampung tangguh atau sehat., jika mempunyai syarat penerapan protokol kesehatan, keamanan, penerapan sosial ekonomi secara ketat dalam kehidupan ‘new normal’ yang ditetapkan pemerintah,” jelas Rafiq.

Selain itu, menyiapkan rumah karantina (isolasi) lengkap dengan fasilitas penunjang yang dibutuhkan, memperkuat ketahanan pangan dalam upaya meningkatkan produktivitas masyarakat.

Dengan demikian, tujuan kampung tangguh atau kampung sehat adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat, dan membangun semangat bersama agar lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19.

Rafiq menyebutkan prestasi yang telah diraih oleh Sumbawa diantaranya Kapolres Sumbawa dan Dandim Sumbawa meraih juara 1 Kampung sehat Tingkat Kabupaten/Kota. Kemudian Bupati Sumbawa meraih Juara 3 kategori Favorit Vaksin yang dalam hal ini penghargaan diterima diwakili asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan rakyat Varian Buntoro S.Sos.MSi. Ada juga raihan prestasi oleh Kapolsek Alas sebagai juara 3 kategori Kapolsek Favorite Vaksinasi. Diikuti juga oleh Koramil Sumbawa dan Kapolsek Kota meraih juara. Tak ketinggalan Camat Unter Iwes meraih juara 3 dan Kepala Desa Jorok meraih Juara 3. “Luar biasa, Kabupaten Sumbawa memborong juara ,” bebernya.

Kepada media ini Kepala Desa Jorok Rusman Akang mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sumbawa dan Ketua DPRD yamg telah banyak mensupport. “Alhamdulillah berkat motivasi dari Pak Bupati Drs. H Mahmud Abdullah dan Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq pada Lomba Kampung sehat Jilid 2 Tahun 2021, ada dua sekaligus kami dapat Hadiah kampung sehat dan Kepala Desa Pavorit,” paparnya. (PSmakruf).

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *