IISWARA DPRD Sumbawa Gelar Bimtek dan Seminar Pemberdayaan Perempuan, Dihadiri Putri Indonesia Pariwisata 2014

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Dalam upaya meningkatkan kapasitas perempuan, Ikatan Istri Wakil Rakyat (IISWARA) DPRD Kabupaten Sumbawa menggelar Bimbingan Teknis dan Seminar dengan tema ; Peningkatan Kemampuan dan Pengetahuan IISWARA melalui Pelatihan Pemberdayaan Perempuan. Kegiatan tersebut digelar pada Sabtu (6/11) di Sumbawa Grand Hotel Sumbawa Besar.

Bimtek dan seminar yang menghadirkan Putri Indonesia Pariwista 2014 dr. Estelita Liana itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviani SPd, MPd.

Dalam kesempatan tersebut Wabup menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan. “Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa sangat mensupport acara ini, karena materi yang diangkat sangat penting dan secara langsung narasumbernya datang dari Jakarta dan hari sebelumnya juga telah berkunjung melihat distinasi wisata unggulan kita yakni Ai Mata Jitu Pulau Moyo. Saya ikut bangga karena acara yang dikomandoi Ketua IISWARA, dr Selvi ini adalah seorang dokter yang tangguh, yang luar biasa melayani masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” ujarnya.

Kemudian lanjut Wabup, acara ini perlu diberi jempol, karena amat penting untuk memotivasi kaum perempuan. Ia berharap, rutinitas perempuan jangan hanya bertugas mendampingi suami, tetapi juga bisa sejajar dengan kaum laki-laki. “Dan kita lihat sendiri istri Ketua DPRD Sumbawa menjadi dokter dan juga istri anggota dewan lainnya ada yang menjadi guru menjadi pengusaha yang lebih penting lagi di bidang kewirausahaan, karena saat pandemi dapat memberikan dampak yang luar biasa yang menghantam segi-segi perekonomian Sumbawa,” tandasnya.

Wabup mengaku bersyukur di akhir tahun 2021 ini, pandemi mulai menjauh, sehingga bisa bersilaturahmi mengikuti acara yang diprakarsai oleh IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa tentang public speaking oleh perempuan. “Karena perempuan secara umum pekerjaannya mendampingi suami, merawat anak, mempersiapkan kebutuhan keluarga di rumah, merupakan pekerjaan yang rutinitas dari pagi hingga malam sehingga dibutuhkan perempuan yang tangguh, tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam,” imbuhnya.

Melalui acara ini Wabup berharap bisa menggali bagaimana perempuan tampil cantik luar dan dalam. Disamping itu juga dapat membangun kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Hal ini harus dilatih karena dalam menyampaikan informasi itu harus tuntas dan tidak setengah setengah. “Yang kedua perempuan itu tidak boleh cengeng sedih dalam mendampingi suami,” ujarnya.

Wabup Novi kembali menegaskan, bahwa kegiatan seperti ini sangat strategis. “Bahkan saya ingin ikuti acara seminar ini, karena Ilmu itu harus dicari dari siapapun dan bisa bermanfaat bagi semesta,” tutup Wabup yang dilanjutkan dengan membuka bimtek dan seminar secara resmi.

Sebelumnya, dalam laporan Ketua panitia pelaksana Zulzilawati Syamsul Fikri menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya merespon atas era informasi dan teknologi yang begitu pesat. “Hampir setiap saat lalu lintas informasi dan kehadiran teknologi informasi menjadi menu sehari-hari kita. Setiap individu dituntut untuk terus melatih diri meningkatkan kapasitas dan meng-upgrade pengetahuan, pengalaman dan pemahaman skill dan wawasan sehingga setiap individu harus mampu dan memiliki kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual,” ucapnya.

Kemudian dalam konteks kegiatan ini, selaku panitia pihaknya merasa penting menghadirkan acara yang menjadi kebutuhan individu khususnya bagi kaum perempuan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baik dalam rumah tangga maupun dalam interaksi sosial kemasyarakatan.

Kegiatan seminar yang mengambil tema di bidang komunikasi ini, yakni public speaking bertujuan untuk mendapatkan pembekalan dan informasi yang berkaitan dengan cara mengelola ide dan gagasan dan informasi, melatih mental, berpenampilan menarik dalam berbicara sekaligus memberi performa terbaik dalam setiap event formal maupun nonformal.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh IISWARA DPRD kabupaten Sumbawa yang berlangsung selama 2 hari tanggal 6 sampai 7 November 2021 di Sumbawa Grand Hotel. Kegiatan hari pertama adalah Bimtek peningkatan potensi kaum perempuan tentang public speaking hari kedua yaitu seminar tentang berpenampilan cantik menawan dan sehat serta kiat menjaga kebugaran bagi IISWARA, yang materinya disampaikan oleh Putri pariwisata Indonesia 2014. Kegiatan ini dilaksanakan bersumber dari APBD 2021. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah turut membantu berpartisipasi aktif yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” pungkas Zulzilawati.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sambutan oleh Ketua IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa dr. Selvi Abdul Rafiq dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Wakil Bupati Sumbawa yang telah hadir dan membuka secara resmi acara ini. “Acara ini terselenggara berkat kerjasama seluruh panitia, pihak hotel, dokumentasi dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam hal ini Wakil Bupati yang telah disupport dengan dana dari APBD berupa dana hibah,” ungkap dr. Selvi.

Bahkan tidak hanya Bimtek yang diadakan, tapi ada juga kegiatan sosial, diantaranya pemberian bantuan sembako untuk lansia dan penyandang disabilitas sebanyak 740 paket. Tiap paket berisi 10 kg beras, 2 KG gula 2 liter minyak dan 1 kaleng susu.

Paket kepada 740 orang lansia dan disabilitas ini tersebar di 5 daerah pemilihan dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa dan sudah dilaksanakan. “Kemudian, ada pemeriksaan audiometri bagi mahasiswa-mahasiswi yang tunarungu kerjasama dengan dr. Dian spesialis THT untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pendengarannya terjaring ada 4 orang yang dibantu,” papar dr. Selvi.

Ada juga bantuan kepada mereka yang tidak bisa berjalan berupa kursi roda sejumlah 35 unit. Diantaranya ada yang terkena folio, lumpuh layu, disabilitas ada juga karena kecelakaan,yang tersebar di seluruh Kecamatan. “Intinya bagi kami, jika ada informasi yang butuh bantuan, kami bantu,” tegasnya..

Selain itu, IISWARA juga menyalurkan bantuan berupa timbangan digital bayi di kecamatan-kecamatan. “Hal ini penting karena kami perhatikan beberapa posyandu di desa, timbangan bayinya belum maksimal, yang dimiliki Bel sesuai dengan standar. Dalam waktu dekat di akhir November atau Minggu 3 November, akan kami bagikan ke petugas posyandu di 24 kecamatan,” bebernya.

Disamping itu, pihaknya juga melaksanakan Bimtek tentang kepemimpinan. “Kegiatan ini penting mengingat kami adalah istri dari pejabat publik, sehingga saat kami diminta untuk berbicara di depan umum, harus bisa siap. Dan satu lagi adalah pelatihan tenaga kemasyarakatan,” paparnya.

Selvi selanjutnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan-kegiatan tersebut. “Kami lalu menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dari dana hibah agar pesannya sampai bahwa Pemerintah Daerah hadir di tengah-tengah masyarakat melalui IISWARA DPRD Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut hadir Ketua IISWARA, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumbawa, Ketua Tim PKK Kabupaten Sumbawa, diwakili Hj Yuniati Ishak, Ketua Darmawanita Persatuan Kabupaten Sumbawa Hj. Rohani Hasan Basri, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Bayangkari Kabupaten Sumbawa, ketua persatuan wanita pengadilan Kabupaten Sumbawa, Pengurus dan Anggota GOW Kabupaten Sumbawa, dan Putri Indonesia Pariwisata 2014 dr. Estelita Liana. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *