Ini Penyebab Internet Telkomsel dan IndiHome Alami Gangguan

Jakarta, pulausumbawanews.net – PT Telkom Indonesia membenarkan adanya gangguan koneksi terhadap layanan internet yang dikelolanya. “Gangguan tersebut terjadi pada hari Minggu 19 September yang dimulai sekitar pukul 17.33 WIB,” terang SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza.

Reza mengatakan, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan untuk ruas Batam-Pontianak.

Gangguan ini mengakibatkan penurunan kualitas terhadap layanan internet fixed broadband (IndiHome) maupun mobile broadband (Telkomsel) di beberapa wilayah Indonesia. “Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” kata Reza melalui pernyataan resmi, Minggu malam (19/9/2021).

Ia juga menjelaskan, saat ini pihak Telkom Indonesia tengah mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan. Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna yang terdampak.

Hal senada dikatakan Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin. Disampaikan, bahwa pihaknya tengah melakukan pemulihan terhadap layanan internet yang terdampak.

Menurut Denny, gangguan jaringan Telkomsel dialami di sejumlah titik wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. “Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” bebernya.

Menurutnya, gangguan ini hanya berdampak pada layanan internet Telkomsel, sedangkan layanan telepon dan SMS masih bisa digunakan dengan normal. “Kami akan segera menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala,” tandasnya.

Gangguan layanan internet IndiHome dilaporkan bermasalah. Sebagian pengguna IndiHome mengeluh layanan internet tersendat pada hari Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 18.30 WIB.

Selain IndiHome, pengguna Facebook, Twitter juga mengeluhkan terjadinya penurunan kualitas jaringan Telkomsel. (PSp)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment