DPRD Dukung 3 Desa di Sumbawa Jadi Kampung Lobster

Sumbawa, PSnews – Sekretaris Komisi III DPRD Sumbawa M Tahir menyatakan dukungannya terhadap usulan tiga desa yang ada di kabupaten sumbawa sebagai kampung budidaya lobster ke Kementerian Kelautan Dan Perikanan (KKP).

Anggota dewan dari fraksi Gerindra itu mengatakan, tiga lokasi yang diusulkan tersebut sangat tepat dan sesuai dengan harapan masyarakat untuk meningkatkan roda perekonomian.

Muhammad Tahir

Muhammad Tahir yang dikonfirmasi Selasa (6/4/2021) mengatakan, usulan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa ke KKP sangat tepat dan dinanti oleh masyarakat nelayan. Adapun tiga desa yang diusulkan yakni, Desa Pulau Bungin, Desa Pulau Kaung dan Desa Labuhan Burung. “Usulan itu sangatlah tepat dimana kondisi geografis dan berbentuk teluk sangat cocok untuk dilakukan budidaya Lobster,” ujar Tahir.

Untuk diketahui ketiga lokasi tersebut sebelumnya juga telah dilakukan budidaya kerang dan terbukti berhasil. Apalagi jika program budidaya lobster bisa terwujud dengan segera. “Saya sangat yakin lokasi tiga desa itu sangat tepat untuk pengembangan budidaya lobster kedepannya,’’ tandasnya..

Lebih jauh dijelaskannya, meski Pulau Bungin dan Kaung serta Labuhan Burung telah ditetapkan sebagai pilot project pengembangan lobster yang berkelanjutan oleh KKP.

Adapun faktor pendukung lainnya seperti adanya dukungan kuat dari masyarakat sekitar. Hal itu terbukti sudah 25 kelompok nelayan yang siap mengawal program tersebut. Bahkan kelompok- kelompok nelayan setempat telah mendapat bantuan KJA dari KKP.

Menurut Tahir, yang sangat perlu dilakukan saat ini yakni, peningkatan dan penguatan infrastruktur pendukung dalam menopang program kampung budidaya lobster atau Lobster Estate di Kabupaten Sumbawa. Kedepan ia berharap dengan adanya kampung budidaya lobster, maka para kelompok nelayan yang ada bisa bersaing dengan negara tetangga, seperti Vietnam. “Dalam hal produksi dan peningkatan kualitas lobster di pasar dunia mengingat mereka sebelumnya sudah memiliki pengalaman dasar, ditambah dengan pelatihan dan pendampingan yang baik dari pemerintah,” terangnya. (PSp)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment