Pencanangan Vaksin di Sumbawa Dilaksanakan 2 Februari

Sumbawa, PSnews – Pemda Sumbawa siap melaksanakan Vaksin Covid-19 Sinovac. Dimana pencanangan dilaksanakan, Selasa 2 Februari 2021 di loby kantor Bupati Sumbawa. Sebanyak 15 orang sudah terdaftar untuk divaksin, namun tidak ada nama Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sumbawa dalam daftar untuk pencanangan vaksin tersebut.

Demikian diungkapkan Sekda Sumbawa – Hasan Basri kepada wartawan Senin (1/2) di ruang kerjanya. Pelaksanaan pencanangan dijadwalkan pukul 09.00 wita. Lokasi kegiatan sudah disiapkan dengan baik. ‘’Itu sudah diatur tempatnya, pemeriksaannya dimana, vaksinnya dimana, dan seterusnya. Untuk dokternya juga sudah siap,’’ terang Haji Bas, sapaan akrab Sekda.

Dalam pencanangan ini, 10 orang akan diberi vaksin. Sementara nama yang terdaftar untuk divaksin sebanyak 15 orang. Dimana sebelum pencanangan dilakukan, seluruh nama yang terdaftar tersebut akan dilakukan screening terlebih dahulu, untuk mengetahui apakah memenuhi syarat untuk divaksin atau tidak. ‘’Terhadap yang akan divaksin, dites dulu kesehatannya oleh dokter. Setelah memenuhi seluruh persyaratan, baru dilakukan vaksin. Besok ada sekitar 15 orang yang sudah didaftarkan untuk divaksin, tapi yang akan divaksin 10 orang, siapa tau setelah dilakukan pemeriksaan ada yang tidak memenuhi syarat, maka bisa diganti dengan yang lain. Umpamanya Sekda tidak memenuhi syarat, ada yang lain menggantikan, begitu juga tokoh masyarakat, tokoh agama,’’ tukasnya.

Lebih jauh dijelaskan, dari 15 daftar nama tersebut, tidak ada tertera nama Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Namun kedua kepala daerah tersebut dijadwalkan hadir dalam pencanangan. ‘’Yang dari 15 itu tidak termasuk Bupati dan Wakil Bupati. Kenapa mereka tidak divaksin, karena dari persyaratannya itu ada usia yang boleh divaksin oleh vaksin sinovac ini, kalau tidak salah dari usia 18 sampai 59 tahun. Dari situ saja memang sudah tidak memenuhi syarat,’’ tuturnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumbawa menerima sebanyak 6.400 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac, pada Kamis (28/1) lalu. Setelah diterima, vaksin kemudian disimpan di ruangan penyimpanan vaksin di gedung Instalasi Farmasi milik Dinas Kesehatan Sumbawa. Vaksin tersebut digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Pencanangan vaksinasi dilakukan 2 Februari, dengan jumlah yang divaksin sebanyak 10 orang, melibatkan Sekda, Forkopimda, Asisten Sekda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Pemuda, Perwakilan Perempuan. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *