Quick Count Dua Lembaga Survei Unggulkan Mo-Novi

Sumbawa, PSnews – Beberapa saat setelah dinyatakan menang dalam hitung cepat (quick count ) yang dilakukan oleh lembaga survei My Institute, pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumbawa Mo-Novi kembali dianggap menang tipis dengan paslon Jarot-Mokhlis oleh Olat Marat Institute (OMI).

Dalam rilis My Institute dibeberkan prosentase perolehan suara masing-masing paslon, yakni Paslon nomor urut 1 Husni -Ikhsan meraih 16,04 %, Nursalam 16,48 %, Talif-Sudir 17,32%, Mo-Novi 25,27%, Jarot-Mokhlis 24,89%.

Tidak berbeda jauh dari hasil quick count yang dirilis OMI beberapa jam kemudian, dimana pasangan Mo-Novi unggul dengan perolehan 25,16% yang disusul oleh pasangan Jarot-Mokhlis sebesar 24,43%. Sementara itu, pasangan Talif-Sudir memperoleh 18,62%, Husni-Ikhsan 16,58 dan Nur-Salam pada posisi terakhir dengan perolehan 15,21%.

Menurut Peneliti Senior OMI, Ramlafatma, quick count ini digelar pada 9 Desember 2020 dan dilakukan dengan Margin of Error 2% pada tingkat kepercayaan 95% dan menghasilkan sampel 200 TPS.

Menurutnya, saat ini OMI sudah mengantongi data 100% dari hasil hitung cepat tersebut. “Bila dilihat dari data, persebaran suara Mo-Novi unggul di beberapa kecamatan dengan kantung suara yang besar, sehingga walaupun ada kecamatan yang tidak menguntungkan Mo-Novi, namun dapat diantisipasi dari suara kecamatan yang besar tersebut dan persebaran suara Mo-Novi lebih merata,” bebernya.

Ia memperkirakan tidak akan ada perbedaan hasil antara quick count OMI dan real count KPU nantinya. “Meski demikian kami masih menunggu hasil real count dari KPU,” tandasnya. (PSp)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *