CPMI Sumbawa Mulai Diberangkatkan ke Negara Penempatan

Sumbawa, PSnews – Puluhan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Sumbawa mulai diberangkatkan ke negara penempatan Asia Pasifik (Aspak). Hal ini menyusul berlakunya Kepmenaker Nomor 294 Tahun 2020.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa – HM Ikhsan Safitri mengungkapkan, sejak berlakunya Kepmenaker tersebut, pihaknya telah resmi melayani kembali untuk pelayanan CPMI di LTSP. Dalam pemberangkatan ini, pihaknya juga lebih memprioritaskan CPMI yang sudah siap berangkat. ‘’Ini sesuai dengan yang diprioritaskan oleh Menteri,’’ ungkapnya.

Sejauh ini, palayanan di LTSP sudah mulai sejak beberapa bulan lalu. Hanya saja prioritasnya sekarang bagi CPMI yang sudah ada ID-nya, sudah siap visanya,  dan siap berangkat, yang kemarin dipulangkan dari penampungan. Setelah yang prioritas, baru kemudian melayani CPMI umum.

Disampaikan, sebelumnya terdapa ratusan CPMI asal Sumbawa bersama CPMI daerah lainnya, sudah ada di BLKLN atau penampungan. Namun mereka dipulangkan karena adanya kebijakan Menteri berdasarkan Kepmenaker Nomor 151 tentang penghentian pemberangkatan lantaran kondisi pandemi covid-19. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *